Pemkab Tanggamus Perkuat Ketahanan Pangan

Tanggal 23 Mar 2018 - Laporan - 726 Views
Reorientasi Kelembagaan Pangan Desa se Kabupaten Tanggamus di Hotel 21 Gisting.

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus terus berupaya memperkuat ketahanan pangan di daerah itu.

 

Hal tersebut ditandai dengan diselenggarakannya Reorientasi Kelembagaan Pangan Desa se Kabupaten Tanggamus yang digelar di Hotel 21, Jumat (23/3).

 

Dalam sambutan Pj Bupati Tanggamus yang diwakili Asisten II, Karjiono menyampaikan pangan merupakan kebutuhan dasar yang merupakan suatu keharusan suatu aspek kehidupan manusia.

 

"Pangan juga merupakan komponen dasar bagi manusia berkualitas yang berperan menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keamanan pangan merupakan kondisisi upaya untuk mencegah pangan dari cemaran fisik, biologis, serta barang lain yang dapatmengganggu kehidupan manusia oleh karena itu keamanan pangan harus dibangun dari individu, keluarga dan masyarakat," kata dia.

 

Untuk itu, pentingnya menggalakkan gerakan keamanan pangan yang mengintervensi terhadap individu, pedagang kreatif lapangan, retail/warung yang ada di desa masing-masing, sehingga dapat menghindarkan masyarakat dari penggunaan bahan makanan berbahaya yang dapat menimbulkan keracunan pangan.

 

Gerakan keamanan pangan desa di Kabupaten Tanggamus direncanakan di tiga pekon yaitu Bangunrejo Kecamatan Semaka, Gistingbawah Kecamatan Gisting, Tegalbinangun Kecamatan Sumberejo.

 

Oleh karena itu, ia mengintruksikan kepada seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait ikut berperan aktif sesuai dengan tugas dan fungsinya melakukan sinergitas pelaksanaan program dengan kegiatan keamanan pangan desa

 

"Ke depan harus bisa dilanjutkan ke daerah daerah keamanan pangan nya yang masih kurang. Karena dengan kegiatan seperti ini masyarakat dapat terprovokasi untuk tumbuh sehat dan berkembang dengan baik," ujarnya.

 

Terakhir, ia mengucapkan terimakasih kepada Balai Besar Pengawasa Obat dan Makanan (BBPOM) Lampung yang melaksanakan kegiatan ini sehingga ke depan bisa mewujudkan perubahan pola pikir masyarakat tentang bagaimana pentingnya pangan dari segi higienis untuk menumbuhkan masyarakat, bangsa, yang sehat, cerdas, bermatabat dan agamis.

 

Kegiatan itu dihadiri Kepala Balai Besar POM Propinsi Lampung Dra Syamsuliana Apt MM, para Kepala OPD Kabupaten Tanggamus, Camat Semaka, Camat Gisting, Camat Sumberrejo dan para pejabat struktural di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus. (zal)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


Penjabat Bupati Pringsewu Berkunjung ke Rumah ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu, Marindo Kurniaw ...


Baturaja Bangun Sejumlah Infrastruktur dengan ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa Baturaja Kecamatan Sungkai Ut ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com