Kejar Target Sentra Benih Ikan, Lampura Kirim Anggota Pokdakan ke Yogyakarta

Tanggal 24 Apr 2017 - Laporan - 1064 Views
Kepala Dinas Perikanan Lampung Utara bersama anggota Pokdakan yang akan Diklat Budidaya Prikanan di Yogyakarta

Harianmomentum--Kabupaten Lampung Utara (Lampura) punya potensi besar di bidang perikanan budidaya (air tawar). Karena itu, sektor perikanan budidaya menjadi bagian dari prioritas program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah kabupaten setempat.

Terkait hal tersebut Bupati Agung Ilmu Mangkunegara menargetkan Kabupaten Lampura menjadi sentra penghasil benih ikan air tawar.

Berbagai upaya terus dilakukan untuk mencapai target tersebut. Salah satunya melalui program pendidikan dan latihan (diklat) kepada para pelaku usaha perikanan budidaya.

Tahun ini Pemkab Lampura memprogramkan pengiriman 120 anggota kelompok budidaya perikanan (pokdakan) untuk mengikuti diklat ke Pulau Jawa.

Program pengiriman peserta diklat tersebut dibagi menjadi dua gelombang. Peserta gelombong pertama sudah diberangkatkan ke Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (23/4).

Kepala Dinas Perikanan Lampura Paswani Hasyim mengatakan peserta diklat gelombang pertama itu berjumlah 60 orang. Rinciannya: 50 anggota pokdakan dan sepuluh pendamping.

"Mereka akan mengikuti diklat budidaya perikanan selama sepekan di Balai Pengembangan Teknologi Kelautan dan Perikanan, Cangkringan, Yogyakarta," kata Paswani usai melepas perseta diklat tersebut.

Dia melanjutkan, gelombang kedua yang juga berjumlah 60 orang akan dikirim ke Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi, Jawa Barat.

"Untuk gelombang kedua akan kita berangkatkan 15 Mei 2017," ungkapnya.

Dia menerangkan, program tersebut merupakan tindak lanjut instruksi bupati untuk menjadikan Lampura sebagai sentra penghasil benih ikan air tawar di Provinsi Lampung.

"Lampung Utara punya potensi besar di bidang perikanan budidaya. Tapi selama petani budidaya ikan masih membeli benih dari daerah lain. Lewat diklat ini, kita berharap petani ikan bisa memproduksi benih secara mandiri," terangnya. (Red)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


Penjabat Bupati Pringsewu Berkunjung ke Rumah ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu, Marindo Kurniaw ...


Baturaja Bangun Sejumlah Infrastruktur dengan ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa Baturaja Kecamatan Sungkai Ut ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com