Pemkab Pringsewu Terapkan Prukedes

Tanggal 13 Mei 2018 - Laporan - 773 Views
Wakil Bupati Fauzi meninjau perkebunan buah naga yang banyak dikelola warga di wilayah Kabupaten Pringsewu./Sulistyo

Harianmomentum.com--Sebagai salah satu penerima dana desa (DD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu mulai menerapkan 'Produk Unggulan Kawasan Pedesaan' (Prukades) yang merupakan program dari pemerintah pusat.

 

"Program Prukades ini sangat positif demi memajukan daerah melalui penciptaan produk unggulan di tingkat pekon (desa)," ujar Wakil Bupati Pringsewu H Fauzi disela-sela kegiatannya, Minggu (13/5).

 

Menurut dia, Prukades merupakan program pertama dari empat prioritas yang dicanangkan Kementerian Desa, Pembanguan Darah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terkait Dana Desa. Prukades memiliki beragam tujuan jangka menengah dan panjang.

 

"Prukades dapat berdampak dalam meningkatkan daya saing desa, mempercepat pemerataan pedesaan, dan menguatkan pembangunan daerah," paparnya.

 

Melalui Prukades, Wabup Fauzi mengharapkan, masyarakat pekon dan pemerintah bisa merasakan banyak manfaatnya. Misalnya, dapat meningkatkan pendapatan masyarakat pekon, meningkatkan pendapatan asli pekon (PA Pekon), meningkatkan PDRB kabupaten/kota dan meningkatkan pendapatan perusahaan mitra.

 

Selanjutnya, Prukades merupakan program yang juga dapat meningkatkan pemasaran produk unggulan pekon, meningkatkan produktivitas Badan Usaha Miliki Pekon, meningkatkan produktivitas komoditas pertanian dan meningkatkan produktivitas lahan pedesaan.

 

Maka, agar Prukades dapat mendatangkan manfaat, berbagai strategi pun dijalankan seperti penguatan jaringan kemitraan usaha warga pekon dan perusahaan.

 

Dengan menambah jaringan kemitraan bisnis dan memastikan keberlanjutan usaha juga akan menjadi nilai tambah diperoleh warga pekon.

 

Selanjutnya, memastikan pemenuhan skala ekonomis usaha produktif, skala usaha ekonomis yang  dibutuhkan demi membangun pabrik pengolahan dan bisnis yang dijalankan semakin membesar.

 

"Saya mengharapkan pengelolaan Prukades oleh wirausaha sosial, pemerintah dan masyarakat bisa menjadi jawaban meningkatkan kehidupan pedesaan di Bumi Jejama Sencancanan ini," harap Fauzi.(lis)

 



Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Nanang Ermanto dan Winarni Terima Satyalancan ...

MOMENTUM, Semarang--Kota Semarang, Jawa Tengah, menjadi tuan ruma ...


Pekon Wonosari Bangun TPT dan Sabes Jalan Lin ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Pekon Wonosari, Kecamatan Gadin ...


Target 40 Kantong, Komunitas AIS Pringsewu Ge ...

MOMENTUM, Pringsewu--Komunitas Arsenal Indonesia Supporters (AIS) ...


Rayakan Iduladha 2024, PKS Tanggamus Potong L ...

MOMENTUM, Tanggamus--Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com