Proyek Pelabuhan Sebalang, Segera Dibangun Jalan Alternatif

Tanggal 22 Mei 2018 - Laporan - 866 Views
Kepala KSOP G. Hutapea. Foto. Ira.

Harianmomentum.com--Kejar target penyelesaian Pelabuhan Sebalang pada 2018. Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas I Panjang, dalam satu dua hari ini mempercepat penyelesaian akses infrastruktur jalan.

 

"Pelabuhan kan harus tetap dibangun, tapi sedikit masalah pada akses jalan, dan kami sudah koordinasi dengan Sekretaris Daerah Lampung Hamartoni Ahadis untuk ditutup. Tapi kita bikin jalan alternatif dulu untuk masyarakat setempat sehingga mereka tidak terganggu kegiatannya," papar Kepala KSOP G. Hutapea, Selasa (22/5/2018).

 

Menurut dia, KSOP juga sudah meratakan tempat pembangunan jalan alternatif. Dengan demikian untuk sementara jalan yang menuju akses pelabuhan langsung ditutup.

 

"Jadi satu dua hari paling selesai, ini kan sifatnya sementara. Jadi pembangunan dermaga, terminal, kantor, hingga fasilitas pelabuhan jalan terus," ungkap Hutapea.

 

Dia melanjutkan, akses jalan kewenangannya oleh Pemprov Lampung. "Ya, nanti Pemprov Lampung yang buat. Termasuk jalan untuk mendukung penyelesaian Pelabuhan Sebalang," tandasnya.

 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Lampung Hamartoni Ahadis, mengungkapkan, Pelabuhan Sebalang ada kebijakan nasional, jadi harus terus berjalan.

 

"Jadi kita buka alternatif jalan lain di lahan milik pemprov saja. Agar masyarakat juga tidak kaget dengan jalan alternatif yang dibuka oleh KSOP," ucapnya.

 

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung, Qodratul Ikhwan, mengatakan Kemenhub meminta penegasan dari pemprov terkait kelanjutan pembangunan pelabuhan yang sempat mangkrak ini.

 

Untuk itu, pemprov akan menggunakan jalur jalan milik Pemkab Lampung Selatan (Lamsel).

 

Diketahui ada dua jalur menuju Pelabuhan Sebalang yakni jalan milik Kabupaten Lampung Selatan dan milik PT Tanjung Selaki.

 

"Yang kita rencanakan di tahun 2018 mendatang tidak akan mundur lagi, karena pihak kementerian minta penegasan untuk akses jalan. Sekarang kita tegaskan untuk akses jalan sudah beres. Opsi terdekat ya pakai jalan kabupaten," jelas Qodratul. 

 

Ia mengatakan, Pemkab Lamsel juga siap mendukung untuk pembangunan infrastruktur jalan menuju pelabuhan.

 

"Yang penting, pembangunan ini tidak ada lagi keraguan dari pemerintah pusat untuk meneruskan. Pemkab Lamsel juga siap mendukung, karena ini kan kita berjuang untuk wilayah dia. Artinya sama-sama mau bersinergi, itu bagus," tukasnya.

 

Ditambahkannya, pemprov juga sudah membuat Detailed Engineering Design (DED) Pelabuhan Sebalang.

 

Disinggung terkait jalur jalan yang dimiliki PT Tanjung Selaki, dia mengaku hingga saat ini belum ada titik temu. Pembicaraan dengan perusahaan masih alot dan memang tidak ada niat menghibahkan jalan tersebut untuk akses pelabuhan.

 

"Kami langsung buat saja jalan yang sudah ada dari jalan kabupaten. Itu yang kita manfaatkan jadi nggak ada masalah. Dengan pihak perusahaan kita sudah dua kali rapat dan enggak ada keputusan," tandasnya. (ira)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Komitmen Bayar SHT! PTPN I Tetap Erat Bergand ...

MOMENTUM, Jakarta--Peningkatan kinerja hingga kontribusi kepada n ...


BI Maksimalkan Penggunaan QRIS di Lampung ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lampung ...


BI: Ekonomi Lampung Triwulan I 2024 Tumbuh Me ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kinerja perekonomian Provinsi Lampung pa ...


Dukung Hilirisasi Energi, PGN Suplai Gas Bumi ...

MOMENTUM, Gresik – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk mengoptim ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com