Pemprov Dukung Raih Kembali Kejayaan Lada Lampung

Tanggal 04 Sep 2018 - Laporan - 707 Views
Dewan Rempah Indonesia (DRI) Wilayah Lampung. Foto. Ira.

Harianmomentum.com--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akan mendukung upaya Dewan Rempah Indonesia (DRI) mengembalikan kejayaan komoditas lada Lampung.

Hal tersebut disampaikan Pj Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung Hamartoni Ahadis usai pelantikan Dewan Rempah Indonesia (DRI) Wilayah Lampung di ruang Abung, Balai Keratun, Selasa (04/9/18). 

Hamartoni mengatakan, DRI Wilayah Lampung bisa bersinergi dengan pemerintah untuk mendorong produktivitas lada melalui berbagai aspek, baik disisi pengetahuan, maupun pengolahan. 

"Pemerintah Provinsi Lampung akan mendukung dan memfasilitasi, serta mencari solusi bersama DRI untuk meningkatkan produksi dan kualitas lada Lampung kedepan," ujar Hamartoni.

Dia mengingatkan agar DRI bisa memberikan solusi konkret sehingga produksi lada bisa maksimal dan merebut pasar global dan mensejahterakan petani.

"Jadi tidak hanya terpaku pada slogan kembalikan kejayaan lada Lampung tapi langkah konkretnya apa dulu sehingga dari Pemprov Lampung sebagai fasilitator memberikan kemudahan kepada DRI sebagai organisasi partner pemprov, "imbuhnya.

Sementara Ketua DRI Wilayah Lampung Untung Sugiatno mengatakan, lada dan cengkih merupakan rempah yang masih menjadi andalan Lampung. Namun, hingga saat ini terjadi penurunan produktivitas secara signifikan khususnya komoditas lada. 

"Pada waktu 1980 sudah mencapai 1,5 ton hingga 2 ton per hektare,  tapi sekarang 500 kg per hektare saja tidak sampai," kata dia.

Untuk itu, lanjutnya, diperlukan upaya intensifikasi dan rehabilitasi tanaman lada dengan bersinergi antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten.

Selain itu, kata Untung, dukungan dana dan pengolahan produk organik juga diperlukan, sehingga tanaman dalam kondisi sehat dan berumur panjang tanpa kontaminasi pestisida. 

"Dalam waktu segera kita susun konsep usulan kepada pemerintah pusat melalui Gubernur bagaiamana mendapatkan anggaran APBN untuk revitalisasi lada, karena presiden sudah menginstruksikan Kementerian Pertanian untuk menjayakan rempah Indonesia," pungkasnya. (ira).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pabrik Gula SGN, Sudah Siap Memulai Giling 20 ...

MOMENTUM, Surabaya--Stok gula konsumsi nasional dalam waktu dekat ...


Sheraton Lampung Hadirkan Konsep 'All Inclusi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sheraton Lampung Hotel merupakan satu-sa ...


50 Pembatik Lampung Mengikuti Sertifikasi Kom ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 50 orang pembatik mengikuti Ser ...


Dukung Transisi Energi, Pertagas Jalin Kerja ...

MOMENTUM, Jakarta -- PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Pertamina ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com