KPU Metro Terima 2.381 Kotak Suara Pilkada Serentak

Tanggal 09 Okt 2018 - Laporan - 675 Views
Kotak suara untuk pilkada serentak tahun 2019 tiba di Kantor KPU Kota Metro

Harianmomentum.com--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro telah menerima pengiriman logistik pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2019 dari KPU Provinsi Lampung.

Komisioner KPU Divisi Logistik Erwan Bustami mengatakan, logistik pilkada serentak yang diterima itu berupa 2.381 kotak suara.

"Ya, kita baru menerima kotak suara saja.Untuk bilik suara, segel hologram dan surat suara masih menunggu jadwal. Tetapi tahun ini  dipastikan didistribusikan semua," kata Erwan pada harianmomentum.com, Selasa (09/10/2018).

Ketua KPU Metro Sukatno menjelaskan, 2.381 kotak suara tersebut, akan dibagikan ke 465 Tempat Pemungutan Suara (TPS) kelurahan, 55 TPS PPK dan satu untuk di KPU Kota Metro. 

"Jadi itu untuk menghitungnya satu TPS dikali lima. Jadi di Kota Metro ini ada 465 TPS ditambah 11 PPK dan satu di KPU. Jumlah pas 2.381," terangnya.

Menurut dia , tidak ada kotak suara cadangan. Nantinya, jika ada kotak suara yang rusak, KPU Metro akan melaporkan kerusakan tersebut ke KPU Provinsi.

"Ya yang didistribusikan seusia hitungan tadi. Tidak ada cadangan. Jadi kalau ada yang rusak atau tidak sesuai, kita laporkan ke KPU Provinsi," jelasnya.

Untuk perawatan, lanjut dia, KPU Metro akan bekerjasama dengan Bulog. Sebelum disimpan, gudang logistik KPU akan  disemprot obat. Nantinya, setelah kotak suara disusun juga akan diberikan obat. 

"Supaya tidak ada rayap atau kuman yang bisa menyebabkan kotak suara rusak. Karena ini masih lama digunakanya. Naruh kotak suara juga tidak boleh sembarangan. Jadi di atas lantai itu harus dilapisi kaso dulu. Jadi ketika banjir atau ada air, tidak langsung mengenai kotak suara," paparnya. 

 Selain Kota Metro, KPU Provinsi Lampung juga mengirimkan kotak suara pilkada serentak ke sejumlah kabupaten: Mesuji, Tulangbawang Barat dan  Kabupaten Pesisir Barat. (pie)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Hadapi Pilbup, Ismet Roni Masif Sosialisasi d ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Perlahan tapi pasti, sejak mendapatkan s ...


Nyalon Bupati Pringsewu, Ririn Kuswantari Iku ...

MOMENTUM, Pringsewu--Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung Fraksi Gol ...


FKPPIB: “Pilih Kepala Daerah yang Peduli BU ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Aneka masalah yang membelit perusahaan B ...


Masifkan Dukungan Parpol, Hanan A Razak Samba ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Politisi Golkar yang namanya terdaftar s ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com