Makrifat Dewa Ruci, Petuah untuk Arinal

Tanggal 27 Mei 2017 - Laporan - 2514 Views
Pagelaaran wayang kulit bertajuk Ngaji dan Sahur Bersama Arinal

Harianmomentum--Mencari, belajar dan mengamalkan kebaikan tidak mesti harus didapat dari hal- hal besar. Hal kecil yang seringkali dianggap remeh, bahkan tidak penting justru terkadang mengandung nilai- nilai kebaikan sebagai panutan dalam hidup.

Setidaknya itulah petuah yang tersirat dari lakon (cerita) wayang kulit Makrifat Dewa Ruci yang digelar di Lapangan Waydadi, Kecamatan Sukarame, Kota Bandarlampung, Jumat (26/5).

Pagelaran wayang kulit bertajuk Ngaji dan Sahur Bersama Arinal Djunaidi itu Didalangi Ki Ethus Susmono (Bupati Tegal, Jawa Tengah).

Lakon Makrifat Dewa Ruci meceritakan perjuangan Bima melaksanakan perintah Resi Dhurna untuk mencari Tirta Parawitasari atau air kehidupan.

Singkat cerita, setelah mencari ke segala penjuru bumi, akhirnya Bima bertemu dengan Dewa Ruci yang sosoknya mirip dengan  dirinya. Hanya saja sosok Dewa Ruci kecil, tidak seperti Bima yang berperawakan bak raksasa.

Namun, setelah mengetahui siapa yang ia temui, maka Bima pun mengecilkan tubuhnya untuk masuk ke dalam telinga Dewa Ruci. Di dalam telinga Dewa Ruci, Bima menemukan banyak pelajaran tentang makna kehidupan yang hakiki.

"Mudah-mudahn Pak Arinal, jika kelak terpilih jadi Gubernur Lampung bisa merasakan dan belajar dari kehidupan orang kecil untuk membawa kemaslahatan umat," kata Rohmat (65) seorang warga yang menyaksikan pagelaran wayang tersebut.

Pada pagelaran wayang itu, Even Organizer Jaringan Arinal Berkarya (JAYA) memberikan doorprize berhadiah: Tiga sepeda motor dan 10 ekor kambing.(mnz)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Hadapi Pilbup, Ismet Roni Masif Sosialisasi d ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Perlahan tapi pasti, sejak mendapatkan s ...


Nyalon Bupati Pringsewu, Ririn Kuswantari Iku ...

MOMENTUM, Pringsewu--Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung Fraksi Gol ...


FKPPIB: “Pilih Kepala Daerah yang Peduli BU ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Aneka masalah yang membelit perusahaan B ...


Masifkan Dukungan Parpol, Hanan A Razak Samba ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Politisi Golkar yang namanya terdaftar s ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com