Waykanan Gelar Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan RKPD

Tanggal 13 Mar 2019 - Laporan - 575 Views
Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Waykanan 2020. Foto. Vit.

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten Waykanan menghadapi tantangan besar untuk mewujudkan visinya menjadi daerah yang maju dan berdaya saing pada 2021.

Bappeda Provinsi Lampung diharapkan dapat memberikan masukan terhadap pimpinan daerah, satuan kerja perangkat daerah, kepala bagian dan camat untuk menyusun rancangan awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) sesuai aturan dan skala prioritas.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Kabupaten Waykanan Saipul saat memimpin Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Waykanan 2020 di kantor pemkab setempat, Rabu (13-3-2019).

Saipul mengharapkan, melalui forum ini akan terlihat arah fokus rancangan awal RKPD, terutama pada bidang kesejahteraan yang masih menjadi tantangan terbesar jajaran Pemkab Waykaan.

Selain itu, bila memungkinkan ada kegiatan tambahan lain di bidang pertanian dan perkebunan yang dapat menunjang peningkatan kesejahteraan rakyat.

Kepada forkopimda dan instansi vertikal diminta untuk bersinergi dengan pemda dalam penyusunan RPJMD dan RKPD guna mewujudkan Waykanan Maju dan Berdaya Saing 2021. 

Kualitas pembangunan juga menjadi perhatian khusus. Untuk itu, Inspektorat diminta melakukan pengawasan pembangunan guna menghindari mindset hanya mencapai target dan menghabiskan anggaran.

Sementara Kepala Bappeda Waykanan Rudi Joko Kurnianto, menerangkan, konsultasi publik ini merupakan penjabaran dari RPJMD Waykanan tahun 2016-2021. Yaitu mengevaluasi capaian kinerja periode sebelumnya terkait hasil pelaksanaan program prioritas hingga kerangka pendanaan. 

RKPD memuat rancangan kerangka ekonomi daerah, prioritas pembangunan daerah, serta rencana kerja dan pendanaan untuk jangka waktu satu tahun.

Rancangan itu disusun dengan berpedoman pada RKP dan program strategis nasional serta pedoman penyusunan RKPD yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat dan juga sebagai pedoman penyusunan Kebijakan Umum APBD, Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) dalam rangka penyusunan RAPBD 2020. 

Dengan Prioritas Pembanguna  Daerah yaitu prioritas pembangnan ekonomi, pembangunan Sumber Daya Manusia, pembangunan Pemerintahan serta pembangunan insfrastruktur dan tata ruang.

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi Bappeda Provinsi Lampung Boby Irawan menyampaikan tentang pokok-pokok RKPD Provinsi Lampung Tahun 2020. (vit).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Rampungkan Pembangunan Infrastruktur lewat DD ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa Pekurun Kecamatan Abung Pekur ...


Program Siger, Riana Sari Arinal Bagikan Ratu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung ...


39 Calon Anggota Paskibraka Lamsel Lolos Sele ...

MOMENTUM, Kalianda--Tahapan seleksi calon anggota paskibraka (cap ...


Enam Siswa di Lamsel Ikuti Seleksi Paskibraka ...

MOMENTUM, Kalianda--Hasil seleksi anggota paskibraka Lampung Sela ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com