Gubernur Singgung Soal Sampah, Walikota Anggap itu Politik

Tanggal 19 Agu 2019 - Laporan - 598 Views
Walikota Bandarlampung Herman HN saat diwawancarai di Gedung DPRD Bandarlampung//acw

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Provinsi Lampung Arinal Djunaidi menyinggung permasalahan sampah di pesisir pantai Sukaraja Bandarlampung.

Walikota Bandarlampung Herman HN menyatakan bahwa ucapan yang disampaikan gubernur saat pelantikan Anggota DPRD Kota Bandarlampung, Senin (19-8-2019) tersebut ada unsur pilitiknya.

"Saya berharap anggota DPRD yang dilantik dapat bersama-sama membantu permasalahan masyarakat, juga membantu tugas walikota, khususnya untuk mengurangi masalah sampah," kata Arinal dalam sambutannya.

Menurut Arinal, perlu dibuat peraturan daerah untuk menanggulangi permasalahan sampah, khususnya yang berada di wilayah perairan.

"Saya punya solusinya, sampah ini bisa diolah menjadi sumber energi. Jadi nanti sampah dikumpulkan di suatu tempat, terus kita kelola sampah tersebut," jelasnya.

Menanggapi hal itu, Walikota Bandarlampung Herman HN mengatakan, sampah yang berada di pesisir pantai Sukaraja berasal dari daerah lain seperti Pesawaran, Pesisir Barat, bahkan Provinsi Banten dan daerah lainnya. “Sebenarnya sampah itu dari mana-mana. Karena kita teluk maka masuklah kesini,” ucapnya.

Herman mengatakan, saat ini sudah ada peraturan daerah (perda) soal larangan membuang sampah sembarangan di Kota Bandarlampung.

“Kita sudah ada perdanya, tapi saya tidak mau memberlakukan denda, cukuplah kesadaran rakyat saja,” jelasnya.

Menrut dia, pihaknya sudah sekuat tenaga menangani persoalan sampah di wilayah pesisir Bandarlampung.

“Tapi karena politik, dimain-mainkan. Biarkan saja lah, saya tidak akan goyah dengan politik-politik sampah,” ungkapnya.

Jika ada orang yang hendak membawa persoalan sampah tersebut ke ranah politik, Herman mempersilahkannya.

“Dipolitikin begini-begitu silahkan saja lah, rakyat yang merasakan semuanya, lagipula rakyat sudah merasa nyaman, hidup enak dan tenang (di Bandarlampung),” katanya.

Soal anggota legislatif yang baru dilantik, Herman yakin mampu bersibergi dengan eksekutif.

“Saya yakin, DPRD yang baru ini bisa kerja sama dengan baik, saya ingin membangun Bandarlampung dengna baik, rukun dan damai bersama DPRD,” ungkapnya.

Sebab, sambung dia, jika legislatif dan eksekutif tidak mampu bersinergi dengan baik maka pembangunan akan tersendat. “Saya lihat banyak (legislatif) wajah baru, muda dan gembira semua. Saya yakin pemerintah dan DPRD bisa bersatu, kalau tidak pembangunan akan tersendat,” katanya.(acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Hadapi Pilbup, Ismet Roni Masif Sosialisasi d ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Perlahan tapi pasti, sejak mendapatkan s ...


Nyalon Bupati Pringsewu, Ririn Kuswantari Iku ...

MOMENTUM, Pringsewu--Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung Fraksi Gol ...


FKPPIB: “Pilih Kepala Daerah yang Peduli BU ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Aneka masalah yang membelit perusahaan B ...


Masifkan Dukungan Parpol, Hanan A Razak Samba ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Politisi Golkar yang namanya terdaftar s ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com