PKB dan Nasdem Buka Penjaringan Balonkada Pekan Depan

Ilustrasi Partai Nasdem dan PKB//ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) akan membuka penjaringan bakal calon kepala daerah (balonkada) mulai pekan depan.

Ketua Tim Des Pilkada PKB Lampung Khidir Ibrahim mengatakan, penjaringan balonkada delapan kabupaten/kota di Lampung dilaksanakan secara serentak.

“Berdasarkan hasil rapat, diputuskan bahwa penjaringan secara resmi akan kita umumkan mulai 23 September,” kata Khidir saat dikonfirmasi harianmomentum.com, Kamis (19-9-2019).

Sedangkan pengambilan formulir pendaftaran mulai 26 September hingga 5 Oktober 2019. Sementara, pengembalian formulir dijadwalkan mulai 7-14 November 2019.

“Proses pengambilan hingga penyerahan formulir dilakukan di masing-masing Kantor DPC PKB delapan kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada pada 2020 mendatang,” jelasnya.

Baca juga: Ketua DPC PKB Bandarlampung Siap Maju Pilwakot

Ketua DPC PKB Bandarlampung Juanda menambahkan, penjaringan balonkada tidak dipungut biaya. “Pendaftaran gratis, tidak ada biaya yang kita tetapkan dalam proses penjaringan ini,” ucapnya.

Dia mengimbau seluruh masyarkat yang berkeinginan untuk maju pilkada Bandarlampung untuk dapat mendaftarkan dirinya, sesuai jadwal yang ditetapkan.

“Kita terbuka untuk siapa pun yang mau mendaftar melalui PKB. Baik kader internal maupun eksternal,” jelasnya.

Bukan hanya PKB, Partai Nasdem pun akan mengumumkan pembukaan pendaftaran penjaringan balonkada secara resmi pada 23 September.

Sekretaris DPW Nasdem Provinsi Lampung Fauzan Sibron mengatakan, sesuai intruksi dari DPP partai, penjaringan bakal calon kepala daerah Partai Nasdem dilaksanakan secara serentak, se-Indonesia.

“Sesuai jadwal, pendaftaran penjaringan dibuka mulai tanggal 23 September sampai 23 Oktober 2019,” kata Fauzan kepada harianmomentum.com.

Fauzan menuturkan, jadwal tersebut baru diterima DPW Nasdem Lampung hari ini, Kamis (19-9).

“Jadwal ini akan kita sosialisasikan ke DPD saat rapat koordinasi di Kantor DPW (Sabtu 21-9), sebab penjaringan terpusat di masing-masing DPD delapan kabupaten/kota,” jelasnya.

Baca juga: Dewan Bandarlampung ini Pilih Maju Pilkada Pesawaran

Ketua DPD Nasdem Kota Bandarlampung Naldi Rinara menambahkan, pihaknya sudah siap membuka penjaringan balonkada. “Penjaringan Partai Nasdem terbuka untuk umum (internal/eksternal),” ujarnya.

Dia menegaskan bahwa penjaringan Partai Nasdem bebas biaya, alias gratis. “Nasdem tidak ada biaya pendaftaran. Kita kan sudah terkenal dengan istilah partai tanpa mahar,” ungkapnya.(acw)

Berikan Komentar