Tapping School untuk Peningkatan Produksi

Tanggal 05 Des 2019 - Laporan - 756 Views
Kegiatan Tapping School karyawan PTPN VII.

MOMENTUM, Kalianda--Puluhan karyawan penyadap Afdeling Kalianda Unit Bergen berkumpul di Stasiun Tangki Lateks (STL) yang berada di Kalianda, Lampung Selatan, Kamis (5-12-2019).

Tepat pukul 10.00 WIB, Asisten SDM dan Umum Ferdi mengajak karyawan agar mendekati STL untuk bersama-sama mengikuti kegiatan Tapping School.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin bulanan yang diadakan mulai dari Afdeling I- IV Unit Bergen.

Tak lama berselang ia memberikan komando dengan ucapan.. Semangat Pagii..!!! Pagi, Pagi, Pagi jawab puluhan penyadap dengan semangat.

PTPN...? Sinergi, Integritas, Profresional jawab para penyadap dengan gerakan tangan mengenggam, telapak tangan kanan didada dan terakhir kepalan tangan ke depan.

PTPN VII..? SIPro, SIPro, SIPro. Unit Bergen..? Yess.

"Bapak-bapak saya kumpulkan disini untuk mengrefres kemampuan teknis penyadapan, terkadang dengan rutin nitas kita setiap hari terkadang lupa akan teknis penyadapan yang baik sesuai dengan standar Operasional Prosedur (SOP)," kata Manajer Unit Bergen Nurwibowo saat membuka kegiatan, Kamis (5-12-2019).

Menurutnya, ada dua hal penting pada tapping school ini, pertama peningkatan produksi dan mempertahankan secara konsisten, dan  berkesinambungan produksi sesuai dengan umur  ekonomi pohon.

Ia menegaskan, umur ekonomis yang singkat disebabkan kesalahan pada penyadapan. Ini bukan hanya merugikan perusahaan, namun bisa merusak  keberlangsungan perusahaan. Dampaknya para karyawan yang menanggung.

Ia meminta kepada semua pekerja, agar dapat memperhatikan benar apa yang diterangkan oleh Asisten Tanaman. Seperti tehnik penyadapan harus sesuai dengan SOP.

Nurwibowo menjelaskan, penyadapan yang baik pada pukul 5-8 pagi, semakin pagi maka semakin

baik karena getah yang akan keluar semakin banyak. 

Untuk kedalaman sadap juga harus diperhatikan. Kedalaman penyadapan yang benar adalah 1-1,5 mm dari kambium agar tidak merusak kulit dan terkenakambium.

Sementara,  Asisen Tanaman Afdeling III Unit Bergen Tankasen Pinem menambahkan keterangan untuk kemiringan bidang sadap dengan pola alur sadap 30 derajat untuk tanaman muda dan 45 derajat tanaman berumur 15 tahun ke atas.

Kemiringan bidang sadap ini tegak lurus dengan posisi pembuluh lateks yang condong ke kanan membentuk sudut 3,7° dari tegakan tanaman, tutupnya.

Kegiatan yang dihadiri ditutup dengan praktek menyadap yang dicontoh Tankasen Pinem kemudian diikuti para peserta tapping school.(rls)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pabrik Gula SGN, Sudah Siap Memulai Giling 20 ...

MOMENTUM, Surabaya--Stok gula konsumsi nasional dalam waktu dekat ...


Sheraton Lampung Hadirkan Konsep 'All Inclusi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sheraton Lampung Hotel merupakan satu-sa ...


50 Pembatik Lampung Mengikuti Sertifikasi Kom ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 50 orang pembatik mengikuti Ser ...


Dukung Transisi Energi, Pertagas Jalin Kerja ...

MOMENTUM, Jakarta -- PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Pertamina ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com