Bank Lampung Kerja Sama Penyimpanan Data Aplikasi

Tanggal 08 Des 2019 - Laporan - 800 Views
Penandatangan kerjasama Penyimpanan Source Code dan Data Aplikasi./ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Lampung menandatangani perjanjian kerja sama Penyimpanan Source Code dan Data Aplikasi (Escrow Agreement) dengan  PT. Teradata Megah dan PT. Kusbiyanto Andco Pratama di Bandung, Jumat (6-12-2019).

Penandatanganan dilakukan Direktur utama (Dirut) PT. Bank Lampung Eria Desomsoni) bersama Dirut PT. Teradata Megah Sandford Jonathan, dan Dirut PT. Kusbiyanto Andco Pratama Mari Kusbiyanto.

Mari kusbiyanto mengatakan, Source Code program komputer dipergunakan untuk melakukan perbaikan terhadap program komputer yang mengalami kerusakan baik karena system error maupun bug system.

"Source code program juga dipergunakan untuk meningkatkan fungsi dan kemampuan dari program tersebut," ujar Mari Kusbiyanto melalui rilis yang diterima Harian momentum, Sabtu (7-12-2019).

Dia menjelaskan, source code program komputer berasal dari ide pengembang program komputer untuk menjalankan suatu fungsi dalam sistem komputer yang selanjutnya diwujudkan dalam sederetan kode-kode perintah pemrograman yang mampu menjalankan sebuah fungsi dalam komputer.

Mari melanjutkan, untuk mewujudkan ide menjadi sebuah program komputer diperlukan kemampuan khusus pemrograman yang diperoleh dari proses belajar dan pengalaman tertentu dan perlu waktu serta biaya sehingga source code program komputer menjadi sesuatu yang berharga bagi pengembang program komputer oleh karenanya Undang-Undang hak cipta memberikan perlindungan hukum terhadap pengunaan program komputer oleh pihak lain tanpa izin dari pengembangnya.

Menurut Mari, pada garis besarnya program komputer dapat dipergunakan oleh pengguna program dengan sistem beli dan sewa.

"Dalam Escrow Agreement ini Pihak ketiga yang disebut Escrow Agent seharusnya memenuhi beberapa persyaratan seperti Mempunyai fasilitas penyimpanan source code yang aman, mempunyai pengetahuan dan keahlian dibidang hukum kekayaan intelektual, mempunyai pengetahun dan pengalaman dalam bidang teknologi sistem informasi, berpengalaman dalam pengelolaan source code program, bersedia dilakukan audit terhadap pelaksanaan escrow agreement," jelas Mari.

Di sisi lain, Dirut PT. Bank Lampung Eria Desomsoni menambahkan, penyimpanan source code dan data aplikasi sangat penting bagi Bank Lampung untuk menjaga kelangsungan core bangking system Bank Lampung apabila penyedia jasa dinyatakan pailit atau bubar.(rls)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pabrik Gula SGN, Sudah Siap Memulai Giling 20 ...

MOMENTUM, Surabaya--Stok gula konsumsi nasional dalam waktu dekat ...


Sheraton Lampung Hadirkan Konsep 'All Inclusi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sheraton Lampung Hotel merupakan satu-sa ...


50 Pembatik Lampung Mengikuti Sertifikasi Kom ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 50 orang pembatik mengikuti Ser ...


Dukung Transisi Energi, Pertagas Jalin Kerja ...

MOMENTUM, Jakarta -- PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Pertamina ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com