Farizal Purba: Tokoh Adat di Panggung Politik

Tanggal 21 Mar 2020 - Laporan - 1133 Views
Farizal Purba

MOMENTUM, Kalianda--Bagi masyarakat adat Lampung di wilayah Marga Katibung, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lammpung Selatan, sosok Farizal Purba merupakan panutan. Maklum, dia merupakan tokoh adatb ergelar Pangeran Tuan Bandar.

Selain sebagai tokoh adat, lelaki kelahiran 5 Oktober 1982 itu punya latar belakang sebagai seorang pengusaha. 

Dia mulai bersentuhan dengan politik praktis ketika bergabung sebagai kader Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) pada tahun 2009.

Farizal bergabung dengan partai besutan Prabowo Subianto karena merasa prihatin dengan kondisi infrastruktur jalan di wilaya Kabupaten Lampung Selatan, khususnya Kecamatan Katibung yang banyak mengalami kerusakan.

Menurut dia, perlu langkah politik untuk mengarahkan program pemerintah agar lebih memperhatikan bidang infrastruktur. Termasuk upaya pelestarian dan pengembangan adat dan kebudayaan sebagai warisan kearifan lokal.

"Menurut saya, arahk kebijakan pembangunan bidang infrastruktur yang dilaksanakan belum sepenuhnya berpihak untuk kepentingan rakyat.

Artinya harus ada langkah politik untuk meningkatkan efektifitas arah kebijakan itu. Garis perjuangan Partai Gerindra sejalan dengan upaya tersebut. Itu sebabnya saya bergabung dengan partai Gerindra," tuturnya.

Selain itu, sebagai tokoh adat, Farizal merasa punya tanggung jawab moril untuk ambil bagian dalam upaya pelestarian dan pengembangan adat dan kebudayaan.

Dorongan keluarga dan masyarakat memantapkan tekad Farizal maju sebagai calon anggota legislatif Kabupaten Lampung Selatan pada oemilihan umum tahun 2019. Dia pun terpilih sebagai anggota DPRD Lampung Selatan periode 2019-2024 dan tergabung dalam Komisi III dengan bidang tugas pengawasan.

Menurut Farizal Purba, saat ini tidak sampai 50 persen kondisi infrastruktur di Lampung Selatan yang masuk kategori baik. Karena itu, diperlukan upaya pengawasan yang ketat terhadap proses pembangunan infrastruktur.

“Mengawasi pelaksanaan pembangunan tentu, tidak bisa hanya mengandalkan DPRD. Perlu dukungan dan peran aktif seluruh elemen,tm termasuk media," harapnya.

Dia juga komitmen untuk mendorong Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan lebih mengoptimalkan pelaksanaan program pembangunan bidang pelestarian kebudayaan.

"Selain sebagai warisan kearifan lokal, adat dan kebudayaan juga punya ootensi besar menompang program pembangunan pariwista di Kabupaten Lampung Selatan. Tentu ini juga menjadi komitmen saya berjuang lewat kursi DPRD," tegasnya. (alp/mnz)

BIODATA

Nama: FARIZAL PURBA, S.E

Agama: Islam

Tempat/Tgl Lahir: Tanjungagung, 5 Oktober 1982

Pendidikan: Strata Satu (S-1)

Jabatan: Anggota Komisi III DPRD Lampung Selatan

Partai poltik: GERINDRA

Nama Istri: Meriza Seftina Padjeri

Nama Anak : Pramana Faiz, 

                        Azizah Dzakiyah Putri

                        Aleasha Kirana Rapni

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dispora Mesuji Berencana Mengganti Nama Taman ...

MOMENTUM, Mesuji -- Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispor ...


Pengurus Pokdarwis Empat Kecamatan di Lamteng ...

MOMENTUM, Padangratu -- Pengurus kelompok sadar wisata (pokdarwis ...


Heri Agus Setiawan: Mantan Jurnalis di Tampuk ...

MOMENTUM, Kotaagung--Heri Agus Setiawan berkecimpung dalam berbag ...


Joni Ansonet: Jembatan Aspirasi Rakyat ...

MOMENTUM, Kotaagung--Menjalankan amanah dan membela kepentingan&n ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com