PTPN VII Betung dan Pemkab Muba Kerjasama Cegah Covid-19

Tanggal 31 Mar 2020 - Laporan - 709 Views
Bupati Musibanyuasin Dodi Reza Alex Nurdin memimpin penyemprotan disinfektan kepada pelintas. Foto. Ist.

MOMENTUM, Musibanyuasin--Bupati Musibanyuasin (Muba), Sumatera Selatan, Dodi Reza Alex Nurdin memimpin penyemprotan disinfektan bagi pelintas di yang akan masuk atau keluar teritorial kabupaten setempat, Selasa (31-3-2020).

Kegiatan yang berlangsung di jalan lintas di Kecamatan Lais depan pabrik kelapa sawit PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VII Unit Betung, itu menjadi barikade utama bagi pelintas, baik yang menggunakan kendaraan umum, kendaraan pribadi, dan lainnya.

Secara simbolis, Dodi Reza memulai kegiatan itu dengan menyemprotkan disinfektan ke kendaraan yang akan melintas. Hadir pada kesempatan itu, Kapolres Muba AKBP. Yudhi Surya Markus Pinem, Dandim 0401/Muba, Letkol. Arm. Syaifudin Khorul Zamani, Manajer PTPN VII Unit Betung Hidayat, jajaran pejabat Pemkab, Kecamatan, dan para kepala desa kecamatan setempat.

Dodi mengatakan pos pemantauan itu sangat penting untuk mencegah paparan virus corona di Muba. Sebab, kata dia, pembawa virus corona ini bisa siapa saja dan boleh jadi merasa sehat.

“Kita harus cegah dengan cara screening di setiap pintu keluar-masuk utama wilayah kabupaten tanpa  terkecuali. Semua kendaraan yang lewat harus diperiksa penumpangnya secara ketat, diukur suhu tubuhnya, semprot disinfektan mobilnya, serta memberikan pengertian tentang bahaya virus ini,” kata dia.

Bupati memberikan perhatian Kecamatan Lais karena data dari pos kesehatan setempat menunjukkan ada indikasi mengarah kepada gejala corona. Informasi dari Puskesmas Kecamatan Lais terdapat 118 orang yang masuk kategori orang dalam pengawasan (ODP).Dari jumlah tersebut ada delapan orang masuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP).

Kondisi itu juga yang mendorong PTPN VII Unit Betung menggandeng pemkab setempat melakukan kegiatan mencegah penyebaran virus Corona.

“Semua antisipasi pencegahan Covid-19 sudah kami lakukan sejak awal berita itu merebak. Dan hari ini (Selasa, 31-3-2020), Alhamdulillah Pak Bupati berkenan membuka check point di sini,” kata Manajer PTPN VII Unit Betung Unit Betung Hidayat.

Selain melakukan penyemprotan, Bupati juga melakukan screening terhadap penumpang kendaraan yang berasal dari luar wilayah.

Penumpang salah satu bus antar kota yang diperiksa dites suhu tubuhnya dengan alat thermal pengukur suhu. Seluruh penumpang yang dites dinyatakan tidak terdapat kategori yang terindikasi terpapar virus corona.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan dan screening orang dari luar wilayah, Dodi Reza juga melakukan pemeriksaan kesiapan petugas dan peralatan untuk memeriksa orang-orang yang melintas di depan pabrik PTPN VII.

Selain kegiatan di atas, kata dia, PTPN VII juga melakukan antisipasi penyebaran virus Corona di lingkungan kantor dan masyarakat sekitar perusahaan.

Kegiatan yang dilakukan antara lain sosialisasi bahaya dan antisipasi penularan virus corona kepada seluruh pada 9 Maret 2020. 

Perusahaan langsung menyediakan perangkat cuci tangan dan hand sanitizer di lokasi strategis kantor dan pabrik, ppenyemprotan disinfektan di lokasi kantor, pabrik dan Perumahan Unit Betung. (*).

Laporan: Nur/Rls.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pabrik Gula SGN, Sudah Siap Memulai Giling 20 ...

MOMENTUM, Surabaya--Stok gula konsumsi nasional dalam waktu dekat ...


Sheraton Lampung Hadirkan Konsep 'All Inclusi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sheraton Lampung Hotel merupakan satu-sa ...


50 Pembatik Lampung Mengikuti Sertifikasi Kom ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 50 orang pembatik mengikuti Ser ...


Dukung Transisi Energi, Pertagas Jalin Kerja ...

MOMENTUM, Jakarta -- PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Pertamina ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com