PGN Jamin Pasokan Gas Bumi untuk Sektor Kelistrikan

Tanggal 02 Apr 2020 - Laporan - 1756 Views
Ilustrasi. Foto. Ist.

MOMENTUM, Bandarlampung--PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk menjamin pasokan gas bumi ke sektor kelistrikan di berbagai wilayah di Indonesia tetap aman selama masa pandemi virus Corona (COVID-19).

Hal ini merupakan komitmen PGN mendukung aktivitas masyarakat berjalan normal di tengah pembatasan aktivitas sosial atau sosial distancing dan kegiatan bekerja dari rumah atau work from house (WFH).

Direktur Komersial PGN, Dilo Seno Widagdo mengungkapkan, selama Januari-Maret 2020, PGN memasok gas bumi ke pembangkit listrik milik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dengan volume sebesar 331 BBTUD. Total pasokan gas tersebut mampu menghasilkan tenaga listrik sebanyak 1.600 MW. 

"Kami akan mengoptimalkan pasokan gas baik dari jaringan pipa seperti SSWJ maupun infrastruktur FSRU dari Nusantara Regas dan PT Perta Arun Gas (PAG) dengan total dukungan sekitar 2.100 MW," ujar Dilo melalui rilis yang diterima harianmomentum.com, Kamis (2-4-2020).

Selain itu, PGN juga menyiapkan cadangan dengan penyediaan LNG yang siap untuk memasok kebutuhan PLN dan sektor kelistrikan lainnya. Selama ini, kata dia, PLN menyerap sekitar 41 persen dari total penyaluran gas bumi PGN per hari. 

Sementara, Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama mengatakan, pada masa pandemi Covid-19, PGN memiliki mekanisme kerja untuk memastikan operasional tidak terganggu. Juga sesuai dengan upaya pencegahan wabah Covid-19 di lingkungan kerja PGN. 

“Dalam situasi ini, pemerintah telah mengintruksikan untuk lebih banyak beraktivitas di rumah seperti bekerja, belajar, dan beribadah. Hal ini membuat kebutuhan listrik masyarakat meningkat," katanya. 

PGN berupaya memastikan pasokan energi bahan bakar untuk pembangkit listrik. Sejalan dengan PLN yang siaga menjaga pasokan listrik.

Dia menjelaskan, PGN bersinergi dengan PLN untuk meningkatkan utilisasi gas di sektor kelistrikan supaya dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Listrik merupakan kebutuhan primer masyarakat. Di tengah situasi Covid-19, PGN mendukung agar masyarakat nyaman untuk produktif dari rumah.

Dukungan PGN itu juga ditunjukan dalam mengelola dan mengembangkan infrastruktur gas bumi. Termasuk mengembangkan Small Scale LNG yang digunakan untuk memasok kebutuhan energi sektor kelistrikan.

Sesuai Kepmen 13/2020, PGN akan melaksanakan pembangunan infrastruktur dan gasifikasi di 52 Pembangkit Listrik PLN dengan total kapasitas pembangkit yang akan mencapai sebesar 1697 MW dan indikatif volume gas sebesar 167 BBTUD.

Selain itu, kata Rachmat, PGN juga memberikan dukungan pasokan gas yang ditujukan untuk pasokan listrik di rumah sakit yang menjadi rehabilitasi pasien yang masuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP) maupun pasien yang positif terjangkit Covid-19.

"Bersama pemerintah dan unsur masyarakat lainnya, kami terus berusaha agar penyebaran Covid-19 semakin terbatas. Kita berdoa dan berharap upaya yang kita lakukan bersama ini dapat segera mengakhiri pandemi, sehingga masyarakat dapat menjalankan aktivitasnya kembali secara normal," tuturnya. (rls).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pabrik Gula SGN, Sudah Siap Memulai Giling 20 ...

MOMENTUM, Surabaya--Stok gula konsumsi nasional dalam waktu dekat ...


Sheraton Lampung Hadirkan Konsep 'All Inclusi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sheraton Lampung Hotel merupakan satu-sa ...


50 Pembatik Lampung Mengikuti Sertifikasi Kom ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 50 orang pembatik mengikuti Ser ...


Dukung Transisi Energi, Pertagas Jalin Kerja ...

MOMENTUM, Jakarta -- PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Pertamina ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com