Lapas Kotabumi Pulangkan 30 Warga Binaan

Tanggal 03 Apr 2020 - Laporan - 1180 Views
Pemulangan 30 warga binaan Lapas Kelas IIA Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara

MOMENTUM, Kotabumi--Setelah Rutan Kelas IIB Kotabumi memulangkan 44 narapidana. Hari ini (Jumat 3 April 2020) giliran Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara (Lampura) yang memulangkan 30 warga binaan (narapidana) ke pihak keluarga masing-masing.

Kepala Lapas Kelas IIA Kotabumi Endang lintang Hardiman mengatakan, pemulangan warga binaan itu bagian dari langka antisipasi penyebaran virus corona yang dilakukan melalui program asimilasi dan integrasi. 

"Pemulangan warga binaan ini mengacu pada Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor: M.HH-19.PK.01.04.04 tahun 2020 tentang pengeluaran dan pembebasan narapidana dan anak melalui program asimilasi dan integrasi dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran covid-19," kata Endang Lintang pada Harianmomentum.com.

Warga binaan yang dipulangkan melalui program asimilasi itu, telah memenuhi sejumlah kreteria dan persyaratan.  Antara lain: narapidana yang telah menjalani dua pertiga masa tahanan dan yang sedang menjalani masa hukuman subsidier. 

"Narapidana yang kita pulangkan sudah memenuhi kreteria dan persyaratan untuk program asimilasi dan integrasi ini," tegasnya.

Meski demikian, lanjut dia, narapidana yang dipulangkan itu bukan berarti dibebaskan.  "Mereka yang dipulangkan, tetap berkewajiban melapor setiap bulan dan tetap dalam pengawasan Balai Permasyarakatan Kotabumi " terangnya. 

Menurut Endang, program pemulangan narapidana itu akan kembali dilakukan secara bertahap hingga 31 desember 2020 mendatang. 

"Tahap pertama ini yang kita pulangkan 30 orang yang telah memenuhi syarat dan yang sedang diproses 53 orang. Suluruhnya ada 83 narapidana yang akan kita pulangkan secara bertahap hingga 31 desember mendatang," jelasnya.

Dia juga menjelaskan, para narapidana yang dipulangkan itu telah dilakukan pemeriksaan terkait Covid-19 dan belum ada yang terpapar virus corona. 

Total warga binaan pada Lapas Kelas IIA Kotabumi sebanyak 428 orang dan telah dilakukan pemeriksaan terkait covid-19. 

"Sampai saat ini, Alhamdulilah semua warga binaan di Lapas ini tidak ada yang terjangkit virus corona. Namun, kita tetap mengimbau agar selalu menerapkan pola hidup besih dan sehat dengan rutin mencuci tangan pakai sabun," jelasnya.(**)

Laporan: Fadli

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Gagalkan Aksi Curanmor, Kapolresta Bandarlamp ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kapolresta Bandarlampung Kombes Pol Abdu ...


IWO Lampung Dukung Kepolisian Perangi Hoax Je ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi La ...


Polisi Masih Selidiki Penyebab Kematian Pelaj ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Satuan Reskrim (Satreskrim) Polres Lampung ...


Balita di Lamteng Jadi Korban Pencabulan ...

MOMENTUM, Anakratuaji--Pria paruh baya berinisial SK (46), ditang ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com