Dukung Pemberdayaan Masyarakat, PLN Peduli kembali Gulirkan Program Bina Usaha Sulam Tapis

Tanggal 23 Jun 2022 - Laporan Nurjanah/rls - 162 Views
Program PLN Peduli Bina Usaha Sulam Tapis di Desa Tarahan Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan.

MOMENTUM, Katibung--PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan Sebalang menggulirkan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Kegiatan itu dilaksanakan dalam program PLN Peduli Bina Usaha Sulam Tapis di Desa Tarahan Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan. 

Bantuan program PLN Peduli ini merupakan kesinambungan program yang sudah berjalan pada tahun sebelumnya, bantuan ditahun ini sebesar Rp. 45 jt digunakan untuk pembelian peralatan & perlengkapan pendukung kerajinan sulam tapis seperti mesin jahit listrik, mesin border, mesin neci. Kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian PLN kepada warga sekitar khususnya ibu rumah tangga di dusun - dusun dalam lingkup ring-1 dan ring-2 lokasi PLTU Sebalang. 

Manager Bagian Keuangan & Umum PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan Sebalang, Agung Priambada, selaku ketua tim TJSL PLN UPK Sebalang menyerahkan bantuan tersebut kepada sanggar sulam tapis Rakata di Balai Desa Tarahan.

"Kegiatan PLN Peduli Bina Usaha Sulam Tapis ini, kami gulirkan sebagai bentuk kepedulian PLN dalam melestarikan seni kerajinan budaya lokal provinsi Lampung dengan melibatkan warga sekitar PLTU," kata beliau, Rabu 22 Juni 2022.

Dijelaskannya, selain peduli terhadap masyarakat sekitar, PT PLN unit Sebalang juga peduli terhadap lingkungan dan pemberdayaan masyarakat dengan menyalurkan program PLN Peduli yang berpotensi menyerap tenaga kerja dan pelestarian lingkungan. 

"Sebelumnya sudah lakukan pelestarian terumbu karang di area pantai Sebalang dengan aktivitas transplantasi terumbu karang yang sudah rusak, Bina Usaha kelompok pertanian ecopark dengan mengolah lahan disekitar pembangkit dengan menanam tanaman palawija yang cepat panen dan program-progam pemberdayaan lainnya," ujar Agung. 

Program Bina Usaha Sulam Tapis ini menjadi opsi dalam pemberdayaan masyarakat desa dengan harapan output yang dihasilkan dapat bermanfaat dan mendukung program UMKM Kabupaten Lampung Selatan.

Kepala Desa Tarahan Hairul sangat mengapresiasi Langkah PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan Sebalang berkesinambungan terus peduli terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar pembangkit.

"Terima kasih kepada pihak PLN, yang secara konsisten terus melaksanakan program-program TJSL terbaiknya dalam memberdayakan dan mendukung kami" ujarnya. 

Diharapkannya, kegiatan PLN peduli pemberdayaan masyarakat yang dilakukan PT PLN unit Sebalang terus berkelanjutan, inovatif dan tepat sasaran. 

"Kelak kegiatan TJSL kami harapkan terus berkerkelanjutan, tertata baik karena terbukti sangat bermanfaat terhadap lingkungan dan masyarakat," katanya.

Semoga dengan Program PLN Peduli, hubungan PLN dengan masyarakat semakin erat terjalin.(**)

Editor: Agus Setyawan

Comment

Berita Terkait


PTPN VII Gelar Workshop Keselamatan Ketenagal ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Penggunaan energi listrik oleh PTPN VII ...


Promo Diskon, Batik Siger Beri Potongan Hingg ...

MOMENTUM, Kemiling-- Batik Siger Lampung kembali menggelar promo ...


IndonesiaNEXT, Komitmen Telkomsel Dukung Duni ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Telkomsel secara konsisten berkontribusi ...


PTPN Innovation Award 2022: Lomba Bukan Sekad ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Menghadapi Lomba Inovasi PTPN 2022 (Plan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com