KPU Lampung Sepakati Batas Dana Kampanye 72 Miliar

Tanggal 09 Feb 2018 - Laporan - 892 Views
Komisioner KPU Lampung Divisi Hukum M Tio Aliansyah./Agung Darma Wijaya

Harianmomentum.com--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung menyepakati batas dana kampanye untuk masing-masing pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Rp72,39 miliar.


Hal itu disepakati pada saat pertemuan KPU Lampung bersama empat pasang calon gubernur dan wakil gubernur yang diwakilkan Liaison Officer (LO) atau Tim Penghubungnya masing-masing di Hotel Bukit Randu Bandarlampung, Kamis (8/2).


Komisioner KPU Lampung Divisi Hukum M Tio Aliansyah mengatakan, terdapat kenaikan batas dana kampanye dari draft yang telah dibuat KPU Rp65,42 miliar menjadi Rp72,39 miliar.


Dia mengatakan, kenaikan tersebut dikarenakan terdapat beberapa item yang diminta LO masing-masing pasangan calon direvisi.


Diantaranya, pertemuan tatap muka dari Rp522 juta menjadi Rp2,7 miliar dengan tambahan durasi dari 87 kali menjadi 456 kali pertemuan. Kemudian, pada pertemuan terbatas dari jumlah sebelumnya 30 kali dengan nominal Rp 1,8 miliar menjadi 60 kali dengan nominal Rp6 miliar.


"Awalnya KPU mengajukan batas dana kampanye Rp65,42 miliar, kemudian berdasarkan kesepakatan bersama kita tetapkan Rp72,39 miliar. Serta ada beberapa perubahan dalam item yang telah ditetapkan sebelumnya," terang Tio.


Setelah kesepakatan tersebut, Tio mengimbau bagi seluruh pasangan calon gubernur dan wakil gubernur untuk membuat rekening khusus dana kampanye maksimal 12 Februari mendatang.


Dia menerangkan, rekening tersebut nantinya diserahkan kepada KPU Lampung pada laporan tahap pertama dana kampanye.


"Jika paslon tidak menyetorkan rekening kampanye KPU Provinsi Lampung berhak untuk membatalkan pasangan calon yang bersangkutan," tegasnya.(adw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Hadapi Pilbup, Ismet Roni Masif Sosialisasi d ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Perlahan tapi pasti, sejak mendapatkan s ...


Nyalon Bupati Pringsewu, Ririn Kuswantari Iku ...

MOMENTUM, Pringsewu--Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung Fraksi Gol ...


FKPPIB: “Pilih Kepala Daerah yang Peduli BU ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Aneka masalah yang membelit perusahaan B ...


Masifkan Dukungan Parpol, Hanan A Razak Samba ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Politisi Golkar yang namanya terdaftar s ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com