Survey Charta Politika, Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Ridho-Bachtiar Lebih dari 70 Persen

Tanggal 20 Mar 2018 - Laporan - 823 Views
Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya saat rilis hasil survei di Hotel Horison, Bandarlampung, Selasa (20/3)./ Agung Darma Wijaya

Harianmomentum.com--Lembaga Survey Charta Politika Indonesia mengeskpose tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Muhammad Ridho Ficardo dan Bachtiar Basri, yang dilakukan di Hotel Horizon, Bandarlampung, Selasa (20/3/2018).

 

Salah satu hasilnya, masyarakat Lampung puas dengan kinerja pelayanan pendidikan dan kesehatan. Bidang Pendidikan menempati angka tertinggi dengan kepuasan masyarakat mencapai 72,8 persen, disusul bidang kesehatan yang mencapai 66,1 persen.

 

Dalam survei juga disebutkan Pemerintahan Ridho-Bachtiar memiliki tingkat kepuasan kinerja tertinggi di daerah pemilihan (dapil) 5 Lampung Utara dan Waykanan, angka cukup puas mencapai 72,7 persen, kemudian disusul Dapil 6  Mesuji, Tulangbawang Barat dan Tulangbawang (70 persen), Dapil 3 Metro, Pesawaran, dan Pringsewu (65,6 persen), Dapil 8 Lampung Timur (65,5 persen).

 

Sementara, untuk penilaian masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Provinsi Lampung dinilai sangat baik. Ketersediaan air bersih mencapai 70,4 persen, peningkatan hasil pertanian 58,3 persen, Ketersediaan pupuk, bibit dan alat pertanian (54,5 persen), dan Pemerintahah yang transparan dan akuntable (50,4 persen). Untuk kondisi jalan raya Provinsi Lampung survey Charta Politika membuktikan 53,6 persen menilai sudah lebih baik.

 

Adapun metode survey, sampel dipilih secara acak (probability sampling) denganmenggunakan metoda penarikan sampel acak bertingkat (multistage random sampling), dengan memperhatikan urban/rural dan proporsi antara jumlahsampel dengan jumlah penduduk di setiap Kabupaten. Jumlah sampel sebanyak 800 responden, dengan margin of error + 3.46 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

Survey ini memiliki unit sampling primer survei (PSU) desa/kelurahan dengan jumlah sampel masing-masing 10 orang di 80 desa/kelurahan yang tersebar diProvinsi Lampung. Quality control dilakukan terhadap hasil wawancara, yang dipilih secara random sebesar 20 persen dari total sampel. Dalam quality control tidak ditemukan adanya kesalahan berarti.

 

Dengan hasil survey ini, Ridho-Bacthiar dinilai memiliki kinerja di atas 70 persen di sejumlah sektor unggulan, seperti pendidikan dan kesehatan. Juga di beberapa daerah kepuasan masyarakat di atas 70 persen, seperti dirasakan masyarakat disejumlah kabupaten di Lampung. (tim)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Hadapi Pilbup, Ismet Roni Masif Sosialisasi d ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Perlahan tapi pasti, sejak mendapatkan s ...


Nyalon Bupati Pringsewu, Ririn Kuswantari Iku ...

MOMENTUM, Pringsewu--Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung Fraksi Gol ...


FKPPIB: “Pilih Kepala Daerah yang Peduli BU ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Aneka masalah yang membelit perusahaan B ...


Masifkan Dukungan Parpol, Hanan A Razak Samba ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Politisi Golkar yang namanya terdaftar s ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com