Selektif Jaring Legislatif, PSI Wajibkan Bacaleg Serahkan Karya Tulis

Tanggal 20 Mar 2018 - Laporan - 835 Views
Ketua DPW PSI Lampung Benny Arifin (tengah). Foto: Agung DW

Harianmomentum.com--Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Provinsi Lampung mewajibkan setiap bakal calon legislatif (bacaleg) untuk membuat karya tulis tentang korupsi dan intoleransi.

 

Ketua DPW PSI Lampung Benny Arifin mengatakan, salah satu syarat menjadi bacaleg diwajibkan membuat karya tulis tersebut guna memilah kandidat yang baik khususnya terkait korupsi dan intoleransi.

 

"Jadi salah satu syaratnya membuat karya tulis, apa itu korupsi dan intoleransi. Itu nanti menjadi salah satu penilaian, panitia seleksi yang kita siapkan," terang Benny di Basecamp DPW PSI Lampung, Selasa (20/3).

 

Dia menerangkan, PSI telah menunjuk panitia seleksi yang independen dari akademisi, yakni Hamzah dan Ratna Widiastuti.

 

Dia menjelaskan, keduanya yang akan melakukan seleksi terhadap bacaleg yang telah mendaftar di PSI. "Kita sudah bentuk pansel independen dari akademisi, jadi yang melakukan penilaian adalah mereka berdua," ujarnya

 

Selain itu, ia menegaskan, pendaftaran bacaleg dari PSI tidak ada mahar,jika ada DPD di 15 kabupaten/kota yang terbukti meminta biaya, maka pihaknya akan memecat kader tersebut secara tidak hormat.

 

"Tidak ada mahar, pendaftarannya gratis dengan batas usia minimal 21 tahun dan pendidikan terakhir minimal SMA. Kalau sampai ada yang menarik mahar, akan langsung dipecat," tegasnya.

 

Dia melanjutkan, PSI juga akan menunjuk Badan Pemenangan Pemilu (Bapillu) untuk melakukan pemetaan strategi pemenangan Pileg mendatang. Sehingga, ia menargetkan, pada Pileg mendatang, PSI akan mampu bersaing dan mendapat kursi legislatif DPR RI, provinsi, kabupaten/kota.

 

"Di DPR RI kita menargetkan empat kursi. Kemudian tiga di DPRD provinsi dan dua orang di masing-masing kabupaten/kota. Pada prinsipnya kami optimis di tingkat DPR ri akan ada perwakilan dari PSI," ungkapnya.

 

Sementara itu, Sekretaris DPW PSI Lampung Febrianda menyampaikan, penjaringan bacaleg dibuka mulai Desember 2017 hingga 30 April mendatang. "Kita sudah buka dari Desember lalu, para pendaftar cukup membawa legalisir Ijasah, KTP dan mengisi formulir," jelas Febri.


Kemudian, pada 1 Maret – 1 April telah melakukan evaluasi administrasi, yang akan diumumkan pada 4 April mendatang. Selanjutnya, memasuki 14-15 April, para bacaleg akan melakukan evaluasi kompetensi (wawancara pansel) dengan membawa karya tulis mengenai korupsi dan intoleransi.

 

"Kemudian pada 20 april 2018, akan diumumkan. Terus, para bacaleg melakukan evaluasi sosialisasi pada 20 April hingga 20 Mei yang kemudian diumumkan pada tanggal 25 mei 2018," paparnya.

 

Saat evaluasi sosialisasi ini,  para bacaleg minimal memiliki 150 video dukungan. selanjutnya 4 Juli didaftar ke KPU kabupaten/kota masing masing.

 

"Tentunya penilaian itu diserahkan ke tim pansel yang dipercaya mengemban amanah ini. Serta menandatangani kesiapan apabila duduk wakil rakyat bisa meneruskan, menyelesaikan tugas sesuai dari PSI," terangnya.

 

Salah satu tim pansel, Hamzah mengakui  diminta menjadi tim seleksi independen perekrutan bacaleg dari PSI Lampung.

 

"Dengan harapan semua bacaleg direkrut melalui PSI teruju pada 6 kriteria yang diberikan untuk bacaleg, seperti penilaian, visi, profesionalitas, kreatifitas komunikasi dan agen perubahan," ucapnya.


Ia berharap, PSI bisa menjadi salah satu partai yang bisa mengobati kerinduan rakyat indonesia terhadap kepercayaan rakyat yang selama ini bersifat rendah.

 

Senada, Ratna Dwiastuti, panitia seleksi lainnya mengaku diajak PSI untuk mengawal bacaleg dari PSI Lampung.

 

"Saya sebagai perempuan melihat bahwa sekarang semakin banyak dihadapi perempuan. Perlu ada yang perduli dengan kaum perempuan dan anak, sadar akan masalah dihadapi serta mampu  mencari solusi di Lampung," ujarnya. (adw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Hadapi Pilbup, Ismet Roni Masif Sosialisasi d ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Perlahan tapi pasti, sejak mendapatkan s ...


Nyalon Bupati Pringsewu, Ririn Kuswantari Iku ...

MOMENTUM, Pringsewu--Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung Fraksi Gol ...


FKPPIB: “Pilih Kepala Daerah yang Peduli BU ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Aneka masalah yang membelit perusahaan B ...


Masifkan Dukungan Parpol, Hanan A Razak Samba ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Politisi Golkar yang namanya terdaftar s ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com