Dinas Perternakan Jamin Stok Daging Cukup Hingga Lebaran

Tanggal 17 Mei 2018 - Laporan - 781 Views
Pedagang daging. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Provinsi Lampung Desi Romas menjamin stok daging sapi cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan hingga Idul Fitri.

 

Dia menyebutkan, stok daging sapi, daging ayam dan telur cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Lampung, bahkan untuk luar Provinsi Lampung.


"Stok yang kita miliki sangat cukup hingga lebaran nanti. Bahkan kita bisa memasok untuk kebutuhan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi)," ujar Dedi saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (16/5).


Tetapi yang terjadi di lapangan ialah stok yang cukup tidak menjamin harga kebutuhan pokok tersebut tidak beranjak naik pada awal bulan Ramadhan ini. Menurut Desi hal tersebut terjadi karena berlakunya 'Hukum Pasar' dimana permintaan banyak maka harga juga akan meningkat.


Namun Demikian, kata Desi, Pemerintah tidak tinggal diam menghadapi lonjakan harga di pasaran. Untuk itu selain memenuhi kebutuhan dan memperbanyak pasokan, Pemprov Lampung juga menyelenggarakan pasar murah di beberapa titik di seluruh Kabupaten/kota.


"Tentu saja Pemerintah tetap berupaya. Selain memperbanyak stok, juga dengan menggelar pasar murah yaitu menjual kebutuhan masyarakat dengan harga murah," kata Desi.


Selanjutnya Desi berharap pedagang di pasar tidak menetapkan harga yang terlalu membebani masyarakat. Sehingga daya beli masyarakat juga bisa tetap stabil.


Sebelumnya beberapa waktu lalu, Ketua Forum Pengusaha Sapi Potong (Feedlot) Provinsi Lampung Didiek Purwanto mengatakan Provinsi Lampung menjamin ketersediaan suplai daging sapi, maupun stabilitas harganya.


"Kami pastikan hingga saat ini untuk kebutuhan Lampung aman," ujar Didiek.


Didiek menyebut ketersediaan daging sapi di Lampung saat ini sebanyak 59.134 ekor atau setara dengan 9,5ribu ton daging sapi. Sementara kebutuhan konsumsi Lampung hanya 50-60% dari jumlah tersebut. Sehingga Lampung masih sanggup menyuplai kebutuhan daerah lain, yaitu Jabodetabek, Padang, Palembang, dan Medan.


Begitu juga dengan harga. Didiek mengatakan, harga daging sapi dari tahun ke tahun cenderung stabil di angka Rp110-120 ribu per kilogram. Menurutnya, lonjakan harga biasanya terjadi di tingkat pedagang yang mencari kesempatan karena tingginya demand (permintaan) jelang Ramadan dan Idul Fitri. (ira)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pabrik Gula SGN, Sudah Siap Memulai Giling 20 ...

MOMENTUM, Surabaya--Stok gula konsumsi nasional dalam waktu dekat ...


Sheraton Lampung Hadirkan Konsep 'All Inclusi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sheraton Lampung Hotel merupakan satu-sa ...


50 Pembatik Lampung Mengikuti Sertifikasi Kom ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 50 orang pembatik mengikuti Ser ...


Dukung Transisi Energi, Pertagas Jalin Kerja ...

MOMENTUM, Jakarta -- PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Pertamina ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com