PT PNM Lampung Ciptakan Petani Tangguh dan Mandiri, Ini Alasannya

Pelatihan manajemen kapasitas usaha PT PNM Cabang Lampung./ist

Harianmomentum.com--PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Lampung secara kontinu menciptakan petani tangguh dan mandiri. 

Berdasarkan hal itulah, Kamis (12/7), PT PNM Cabang Lampung memberikan pemahaman kepada 98 petani nasabah Ulamm dalam pelatihan manajemen usaha pertanian di Taman Wisata Muaraindah Kabupaten Tanggamus.

Pada pelatihan bertajuk Menjadi Petani yang Tangguh dan Mandiri itu PT PNM menghadirkan Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tanggamus Soni Isnaini sebagai narasumber.

Kepala PT PNM Cabang Lampung, Deden Yoga Nugraha, mengatakan kegiatan pelatihan itu digelar dalam rangka meningkatkan kemampuan nasabah Ulamm dalam hal manajemen pertanian buah-buahan. 

"Pelatihan ini bertujuan membentuk UMKM yang profesional dan meningkatkan kemampuan nasabah Ulamm dalam hal manajemen usaha pertanian buah-buahan," kata Deden.


Ia menjelaskan PNM sebagai lembaga pembiayaan mikro memiliki misi dan tujuan memberikan jasa pembiayaan dan non-pembiayaan, khususnya pelaku UMKM, dalam hal ini sebagai nasabah Ulamm. Selain memberikan pinjaman untuk modal kerja dan investasi, PNM juga memberikan pelatihan dan pendampingan. 

"Oleh sebab itu, dalam mengoptimalkan fungsi dan perannya dalam pembinaan dan pendampingan, PNM melakukan kegiatan berupa program pelatihan pengembangan kapasitas usaha," ujarnya.

Menurut Deden, tujuan dilakukannya pelatihan tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan pengolahan produk turunan dari pepaya california, meningkatkan kualitas bibit, perawatan, pemupukan, dan pengobatan pepaya. 

Selain itu, untuk meningkatkan pengetahuan nasabah tentang manajemen pertanian buah–buahan sehingga diharapkan dapat terbentuknya petani yang profesional, inovatif, dan berdaya saing tinggi dalam dunia usaha. "PNM tidak hanya memberikan pembiayaan usaha, tetapi juga disertai dengan pendampingan dan jasa manajemen," kata dia.(awn)


Berikan Komentar