Nanang: Warga yang Ingin Bertahan di Desanya Tetap Dibantu Pemkab Lamsel

Tanggal 04 Jan 2019 - Laporan - 649 Views
Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto saat berdialog bersama korban tsunami.

Harianmomentum.com--Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto didampingi Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Fredy SM, mengunjungi warga Desa Waymuli Timur, Kecamatan Rajabasa yang berada di posko pengungsian, Jumat (4-1-2019).

Di posko itu, Nanang berdiskusi dan menampung keluhan dan harapan warganya. Salah satunya terkait usulan dari pemerintah untuk merelokasi para korban tsunami yang tak memiliki rumah lagi.

Seperti Muksin, salah seorang pengungsi ini mengungkapkan, banyak hal yang harus dipertaruhkan jika dirinya harus pindah dari Desa Waymuli. Terlebih lagi banyak penduduk desa itu yang mencari nafkah sebagai nelayan.

"Intinya, kami ingin tetap bertahan disini (Way.uli). Mohon diberikan tempat di mana asal tetap di sini," sebut Muksin kepada Nanang.

Menanggapi hal itu, Nanang Ermanto mengatakan pemerintah siap memfasilitasi dan membantu warga yang ingin tetap bertahan.

"Nanti kita carikan dulu lahan yang cocok dan tidak longsor. Saat ini kami bangun dulu hunian sementara, setelah itu baru hunian tetap," ujar Nanang.

Dia mengatakan niat pemerintah untuk merelokasi para korban tsunami bukan tanpa alasan. Selain Kecamatan Rajabasa masuk ke dalam kawasan rawan longsor, juga untuk meminimalisir korban jiwa jika terjadi bencana.

"Kita berbicara membangun hari ini untuk 5 atau 10 tahun kedepan, kalau terjadi lagi longsor atau bencana, sama saja kita melakukan kesalahan kedua kalinya. Jika mereka (warga) ingin tetap disini kita bantu, tapi kalau memang mau di Kalianda pemerintah siap memfasilitasi," kata Nanang. (bob)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


JCH Mesuji Berangkat Awal Juni ...

MOMENTUM, Mesuji--Jemaah calon haji (JCH) Kabupaten Mesuji dijadw ...


Dinas Perdagangan Metro Gencar Lakukan Penetr ...

MOMENTUM, Metro--Dinas Perdagangan dan Pasar Kota Metro, gencar m ...


Karya Bakti Kodim 0424 Tanggamus Berlangsung ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Karya Bakti Kodim 0424 Kabupaten Tanggamus ...


Mekanisme Penggatian Kepala Sekolah Harus Ses ...

MOMENTUM, Metro--Mekanisme rolling atau pergantian kepala sekolah ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com