Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi ke Tulangbawang

Tanggal 04 Apr 2019 - Laporan - 551 Views
Yuda Setiawan dan Winarti. Foto. Rhm.

Harianmomentum.com--Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan, Bulan Bakti Gotong-royong Masyarakat dan Lomba Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) 2019 Tingkat Provinsi Lampung melakukan penilaian di Kabupaten Tulangbawang.

Ketua tim yang juga Kepala Dinas PMD Provinsi Lampung Yuda Setiawan dan rombongan diterima Bupati Tulangbawang Winarti di halaman Kantor Kampung Penawarjaya Kecamatan Banjarmargo, Kamis (04/03/2019).

Didampingi sejumlah kepala dinas, Winarti tampak bersemangat menyambut tim penilai, antusias ini sebagai jawaban atas antusias warga dalam menyiapkan kampung untuk mengikuti lomba.

"Pak Yuda, pesan ibu-ibu PKK kalau tidak dibantu mereka, tidak sukses acara pagi ini," ujar bupati.

Selain itu, dia meminta diajari supaya kampung di Tulangbawang bisa berkembang baik sesuai harapan untuk kesejahteraan masyarakat.

Menurut Winarti, di Kabupaten berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur ini, terdapat 25 program unggulan prorakyat. Geliat ekonomi dan usaha di kampung terlihat makin mandiri karena ada dana desa dari pemerintah pusat.

"Dalam penilai lomba tingkat Provinsi Lampung ini, jika sesuai dengan hasil evaluasi, saya berharap bisa meraih prestasi maksimal untuk masyarakat kami," paparnya.

Sementara Yuda Setiawan dalam sambutannya mengatakan, peran kepala kampung dalam mendorong partisipasi masyarakat sangat menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintah, pembangunan dan pembinaan yang dilaksanakan di desa/kampung.

Evaluasi perkembangan desa/kampung telah diatur dalam Permendagri Nomor 81 Tahun 2015. Evaluasi bertujuan mengetahui efektivitas dan status perkembangan serta tahapan kemajuan desa/kampung, melalui instrumen ini dapat dinilai serta menentukan status tertentu dari capaian tingkat perkembangan desa/kampung.

Salah satu tahapan dalam penilaian adalah lomba kampung dengan 3 bidang penilaian meliputi bidang pemerintahan, kewilayahan dan bidang kemasyarakatan dengan 69 indikator penilaian.

Pada Tahun 2019 ini, Pemerintah Provinsi Lampung melaksanakan lomba desa juga melaksanakan lomba bulan bakti gotong royong masyarakat dan lomba badan usaha milik desa. 

"Dari lomba ini diharapkan dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat, meningkatkan peran aktif kemitraan masyarakat dengan pemerintah serta meningkatkan daya saing dan kreativitas bagi pengelola badan usaha milik desa pada masing-masing desa," pesan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo melalui Kadis PMD Yuda Setiawan. (rhm).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Serahkan Tali Asih untuk Kafilah MT ...

MOMENTUM, Tanggamus-- Penjabat (Pj) Bupati Ir. Mulyadi Irsan memb ...


Temu Petani, Pj Bupati Bahas Program I-Care d ...

MOMENTUM, Ulubelu--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan m ...


Komitmen Bangun Desa, Pemdes Padang Ratu Real ...

MOMENTUM, Kotabumi--Desa Padang Ratu, Kecamatan Sungkai Utara, Ka ...


Nanang Ermanto Buka TMMD ke-120 di Lampung Se ...

MOMENTUM, Tanjungbintang--Bupati Lampung Selatan (Lamsel), H. Nan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com