Pj Bupati Serahkan Tali Asih untuk Kafilah MTQ Tanggamus

Tanggal 15 Mei 2024 - Laporan Galih/Asdijal - 145 Views
Penyerahan bonus tali asih kepada juara MTQ dilaksanakan di Ruang Rapat Utama Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus, Rabu (14-5-2024).

MOMENTUM, Tanggamus-- Penjabat (Pj) Bupati Ir. Mulyadi Irsan memberikan bonus/tali asih untuk Kafilah MTQ Kabupaten Tanggamus pada Event Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 50 di Bandar Lampung.

Penyerahan bonus tali asih dilaksanakan di Ruang Rapat Utama Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus, Rabu (14-5-2024).

Hadir juga Sekretaris Daerah selaku Ketua LPTQ Tanggamus, Kepala dan jajaran Kemenag Tanggamus, Asisten, dan Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus, Ketua MUI Kabupaten Tanggamus, Para Ustadz Pembina, Offisial dan Pendamping Kafilah MTQ Kabupaten Tanggamus, kafilah MTQ penerima bonus.

Kepala Kemenag Tanggamus Dr.H. Mahmuddin Aris Rayusman, M.Pd.I, mengatakan kafillah MTQ tingkat Provinsi Lampung ke-50 di Kota Bandar Lampung Tahun 2023 tidak berhasil pertahankan juara umum karena masalah teknis.

"Alhamdulillah pada MTQ ke-50 tanggal 1 hingga 9 Oktober 2023 berjalan lancar. Kafilah MTQ Kabupaten Tanggamus harusnya masih dapat mempertahankan juara umum karena ada hal non teknis akhirnya hanya berada di posisi kedua," kata dia.

Dia mengatakan, pada pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Lampung ke-50, Tanggamus mengirimkan sebanyak 58 peserta yang terdiri dari 29 putra dan 29 putri.

"Dari 58 peserta yang kita kirim 46 peserta mampu meraih juara. Yakni, juara terbaik 1 sebanyak 16 peserta 13 golongan, juara terbaik 2 sebanyak 9 peserta 7 golongan, juara terbaik 3 sebanyak peserta 3 golongan, juara harapan 1 sebanyak 4 peserta 3 golongan, juara harapan 2 sebanyak 8 peserta 8 golongan dan juara harapan 3 sebanyak 6 peserta 4 golongan," kata dia.

Kegiatan ini terlaksana atas bantuan dana hibah daerah Pemkab Tanggamus tahun anggaran 2024.

"Sesuai surat Edaran dari LPTQ Provinsi Lampung perihal Petunjuk Teknis Penyelenggaraan MTQ Ke-51 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2024 akan diselenggarakan pada bulan September 2024 tanggal akan ditentukan kemudian," kata dia. 

Pendaftaran peserta dilakukan secara online melalui e-MTQ dari tanggal 1--16 Juli 2024. Sesuai Surat LPTQ Provinsi Lampung Nomor 054/LPTQ-LPG/IV/2024 Perihal Undangan Seleksi Calon Kafilah Provinsi Lampung pada MTQ Nasional XXX di Kalimanatan Timur Tahun 2024. 

Kafilah Tanggamus dipanggil sebanyak 24 Peserta dari 120 peserta untuk mengikuti seleksi yang seharusnya dilaksanakan pada 2--3 Mei 2024 karena sesuatu hal maka pelaksanaannya ditunda sampai ada pemberitahuan kembali. "Harapannya seluruh peserta yang mengikuti seleksi dapat tampil dengan baik dan dapat mewakili Provinsi lampung pada MTQ Nasional di Kalimantan Timur tahun ini," terang dia.

"Untuk itu dimohon kepada bupati untuk memberikan dukungan dan sealigus mengirim pendamping bila mana peserta dari tanggamus dapat mewakili Provinsi Lampung di Kalimantan," tambah dia.

Pj Bupati Mulyadi Irsan, menyampaikan seperti kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Tanggamus walau tidak berhasil mempertahankan gelar Juara Umum, namun meraih Juara II (RunnerUp) dan memiliki selisih nilai yang sangat tipis dengan Juara Umum Kafilah Kota Bandar Lampung pada even Tahunan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Provinsi Lampung. 

Pada MTQ Ke-50 yang dilaksanakan di Kota Bandar Lampung, tanggal 9 – 16 Oktober 2023 lalu.

Sebelumnya, Kabupaten Tanggamus berhasil enam kali berturut-turut menjadi juara umum.  Langganan juara umum ini diawali pada Tahun 2016 saat kita menjadi tuan rumah MTQ Ke-44 Provinsi Lampung, sampai dengan MTQ Ke-49 di Mesuji pada tahun 2022.

"Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan, kami memberikan bonus/tali asih total Rp847,9 Juta, yang berasal dari APBD Kabupaten Tanggamus 2024, Pos Dana Hibah Daerah kepada Kantor Kementerian Agama Tanggamus, yang disampaikan kepada para kafilah yaitu Peserta, Ofisial dan Pembina, terdiri dari: Peserta terbaik I, sebanyak 13 orang,  Peserta terbaik I Beregu, sebanyak 3 orang, Peserta terbaik II, sebanyak 6 orang, Peserta terbaik II Beregu, sebanyak 3 orang, peserta terbaik III, sebanyak 3 orang.

Selanjutnya , Peserta Harapan I, sebanyak 4 orang, Peserta Harapan II, sebanyak 8 orang,  Peserta Harapan III, sebanyak3 orang, Peserta Harapan III Beregu, sebanyak 3 orang, Offisial, sebanyak 38 orang, Pembina, sebanyak 28 orang.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Jalan Rusak di Punggur Sebabkan Truk Tergulin ...

MOMENTUM, Punggur--Warga Dusun IV dan V, Kampung Tanggul Angin, K ...


Lampura Meriahkan Pekan Raya Lampung 2024 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabupaten Lampung Utara kembali berparti ...


Pemkot Metro Hibahkan Satu Unit Mobil Samling ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota Metro memberikan bantuan hibah b ...


BRI Dukung Kontingen Porwanas PWI Lampung Ber ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Rakyat Indonesia (BRI)  Region ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com