KPPI Beri Pembekalan Kepada Anggota Dewan Terpilih

Tanggal 29 Jul 2019 - Laporan - 654 Views
Wakil Gubernur Provinsi Lampung Cusnunia Chalim membuka pelatihan anggota dewan perempuan terpilih//ist

Harianmomentum.com--Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Perwakilan Provinsi Lampung menggelar pelatihan anggota dewan perempuan terpilih pada Pemilu 2019.

Ketua KPPI Lampung Apriliati mengatakan, kegiatan yang dibuka oleh Wakil Gubernur Provinsi Lampung Cusnunia Chalim tersebut bertujuan untuk memberi pembekalan kepada para Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terpilih.

“Dalam pelatihan singkat ini, kita berikan pengenalan dasar kepada para anggota dewan dari kalangan perempuan, khususnya mereka yang baru pertama kali terpilih di legislatif,” kata Apriliati saat diwawancarai harianmomentum.com usai kegiatan, Senin (29-7-2019) sore.

Anggota DPRD Provinsi Lampung itu menambahkan, kegiatan dihadiri hampir 100 caleg terpilih dari semua partai politik (parpol).

“Sembilan puluh persen peserta yang hadir adalah caleg pemula, sisanya inkanben. Mereka adalah para caleg dari 15 kabupaten/kota dan juga caleg provinsi,” sebut politisi asal PDIP itu.

Ada beberapa pemateri yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut: Dr. Ari Darmasuti (dari Unila), Prof. Nirfa Diana (dari UIN Raden Intan), Nurhasanah (Sekjen KPPI Pusat) dan Apriliati (Ketua KPPI Lampung).

“Para peserta diberi materi pengenalan dasar palemen. Sehingga mereka mendapat gambaran awal, dewan itu seperti apa dan apa yang harus dilakukannya,” tuturnya.

Bukan hanya itu, para pemateri yang hadir juga memberikan materi terkait publik spiking, atau cara berbicara di depan khalayak ramai.

“Pemateri juga memaparkan bagaimana cara menyerap dan menerima aspirasi masyarkat, juga cara menghadapi wartawan saat sesi wawancara,” paparnya.

Selain itu, sambung dia, dalam kegiatan turut dipaparkan tentang bagaimana mengusulkan rancangan peraturan daerah (perda).

“Disini juga diajarkan cara bagaimana menghimpun kekuatan sesama perempuan untuk merumuskan serta mengegolkan anggaran dan perda yang responsif gender,” ungkapnya.(acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Samsul Hadi Kembalikan Berkas Formulir Pendaf ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Samsul Hadi mengembalikan berkas formulir ...


Saleh Asnawi Ungkap Kedekatannya dengan PDIP ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Bakal calon Bupati Tanggamus, Moh, Saleh A ...


Bawaslu Tanggamus Buka Pendaftaran Anggota PK ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten ...


Ketua DPRD Bandarlampung Wiyadi Maju Pilwakot ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Menit akhir menjelang penutupan penjarin ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com