12 Pekon di Tanggamus Deklarasi ODF

Tanggal 19 Des 2019 - Laporan - 560 Views
Letkol Inf Arman Aris Sallo dan Dewi Handajani memberikan Sertifikat ODF. Foto. Glh.

MOMENTUM, Kotaagung Timur--Dua belas pekon/desa di Kecamatan Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus, dinyatakan 100 persen bebas dari perilaku masyarakat buang air besar (bab) sembarangan atau open defecation free (ODF).

Direktur Eksekutif Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) Febrilia Ekawati mengatakan, tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung telah melakukan veritikasi dan dinyatakan ke-12 pekon itu 100 persen ODF.

Deklarasi dan pemberian ODF kepada ke-12 pekon dilakuan pada 4 Desember 2019 yang dipusatkan di Pekon Teba Kecamatan Kotaagung Timur.

Hadir dalam deklarasi, Bupati Dewi Handajani, Sekda Hamid Haariyansah Lubis bersama Dandim 0424 Letkol Inf Arman Aris Sallo, Wakapolres Kompol MN Yuliansyah, Firman Rani (Staf Ahli Bupati Tanggamus), dan kepala dinas/instasi. 

Febrilia mengatakan, YKWS yang bergerak di isu lingkungan, diberikan kepercayaan oleh PT Tirta Investama Tanggamus untuk mendampingi masyarakat dalam program air bersih dan sanitasi berkelanjutan.

Dengan pendekatan sanitasi total berbasis masyarakat, YKWS mendorong masyarakat menerapkan perilaku sehat dalam buang air besar. 

"Sukses yang dicapai 12 pekon tersebut diharapkan bisa memicu atau menjadi trigger bagi seluruh kecamatan dan tokoh yang ada di Kabupaten Tanggamus untuk menuju Kabupaten ODF," katanya.

Sementara Asep Mawan Ruswandi dari PT Tirta Investama Tanggamus, menyampaikan terima kasih kepada Pemda Tanggamus dan jajarannya yang turut menyukseskan program ODF.

"Danone Aqua tumbuh lahir dan besar bersama masyarakat Indonesia. Kami juga bertanggungjawab dan berkomitmen untuk bekerja sama mengalirkan kebaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia," katanya. 

Bupati Dewi mengatakan, kondisi geografis Kabupaten Tanggamus tidak sama dengan wilayah lain. Selain aksesnya sulit dijangkau, juga terpencil menyeberangi sungai atau naik turun gunung.

Kendati demikian, Pemkab Tanggamus mendukung setiap program untuk masyarakat, termasuk di bidang kesehatan. Mewujudkan Tanggamus sebagai kabupaten ODF, merupaka komitmen yang akan dicapai dengan sungguh-sungguh.

Karena itu, dia akan mendukung setiap program untuk kesehatan. Jajaran pemerintah dan seluruh komponen masyarakat sudah seharusnya bersama-sama menyukseskan setiap program untuk kesejahteraan masyarakat.

"Mudah-mudahan pada 2020, kita bersama-sama dengan seluruh steak holder yang ada, dapat mewujudkan Kabupaten Tanggamus ODF," katanya. (glh/jal).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemkot Metro Fasiliasi Tiga Pasien Jalani Per ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memfasilitasi tig ...


Rumah Sakit Sri Pamela Membang Muda Resmikan ...

MOMENTUM, Medan -- Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang be ...


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com