Status Puskesmas Kaliasin Jadi Puskesmas Rawat Jalan

Tanggal 04 Feb 2020 - Laporan - 634 Views
Nanang Ermanto Resmikan Puskesmas Kaliasin. Foto.Alp.

MOMENTUM, Tanjungbintang--Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan (Lamsel), Nanang Ermanto meresmikan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kaliasin, Kecamatan Tanjungbintang, Senin (3-2-2020).

Peresmian puskesmas rawat jalan tersebut, dilakukan pada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Tanjungbintang yang dipusatkan di Desa Budilestari.

Hadir pada peresmian antara lain Penjabat Sekretaris Daerah Thamrin, Kepala Dinas Kesehatan Jimmy Banggas Hutapea, Kepala Puskesmas Kaliasin Bahren Notujulu, serta sejumlah kepala organisasi perangkat daerah.

Jimmy mengatakan, sebelum diresmikan, keberadaan Puskesmas Kaliasin sudah ada sejak lama. Hanya saja, statusnya masih sebagai puskesmas pembantu.

“Sekarang statusnya ditingkatkan lagi menjadi rawat jalan. Kini, Puskesmas Kaliasin dapat memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat di tujuh desa terdekat,” ujar Jimmy.

Jimmy menjelaskan, bangunan berlantai tiga tersebut, dibangun menggunakan dana alokasi khususs (DAK) sejak tahun 2018. 

Saat ini, Puskesmas Kaliasin mampu memberikan pelayanan sesuai dengan Standar Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas.

"Puskesmas Kaliasin telah mampu memberikan pelayanan pengobatan umum, pelayanan gigi, pelayanan KB, pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA) serta Laboratorium," tuturnya.

Peningkatan status Puskesmas Kaliasin karena dilatar-belakangi dengan jumlah masyakat Kecamatan Tanjungbintang yang hampir mencapai 80 ribu jiwa.

“Jadi pemerintah berharap, masyarakat di tujuh desa sekitar tidak perlu lagi berobat ke Tanjungbintang. Di sini ada 35 sumber daya manusia (SDM) yang bertugas,” ungkapnya.

Sementara, dikesempatan itu, Nanang meminta kepada Kepala Puskesmas Bahren Notujulu, supaya menjaga, membersihkan serta merawat puskesmas tersebut.

"Berikan yang terbaik untuk masyarakat. Untuk kepentingan masyarakat harus diupayakan. Inilah inovasi, langkah terobosan yang mesti kita lakukan untuk masyarakat," pesan Nanang. (alp).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com