Pegelaran Wayang Kulit untuk Sosialisasi Pencegahan Corona

Tanggal 18 Mar 2020 - Laporan - 1560 Views
Wakil Bupati Fauzi menyerahkan tokoh wayang Semar kepada dalang Ki Teguh Surono. Foto. Sulistyo.

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu terus melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19 dan demam berdarah dengueu (DBD). 

Sosialisasi dilakukan melalui berbagai media. Termasuk pagelaran kesenian wayang kulit di Pekon Nusawungu, Kecamatan Banyumas, Selasa (17-3-2020) malam.

Hal itu dilakukan Wakil Bupati Pringsewu Fauzi. Sebelum pertunjukkan dimulai, Fauzi menyosialisasikan pencegahan virus Corona dan DBD. 

Fauzi mengajak masyarakat untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dan prima, mengkonsumsi vitamin, membiasakan diri selalu mencuci tangan dengan memakai sabun. "Hal ini sebagai langkah mencegah penyebaran virus Corona," ajaknya.

Juga membiasakan membersihkan lingkungan guna mencegah penyebaran penyakit DBD, terutama saat musim hujan. Menanam pohon serai di sekitar rumah dinilai baik untuk mencegahpenyebaran DBD.

Pertunjukkan wayang kulit digelar untuk memeriahkan HUT ke-69 Pekon Nusawungu, sekaligus HUT ke-11 Kabupaten Pringsewu. Menghadirkan dalang Ki Teguh Surono dengan lakon Semar Bangun Panti Husodo.

Wayang kulit merupakan salah satu seni budaya bangsa yang mengandung filosofi dan keluhuran nilai-nilai kehidupan. Dalam sebuah lakon selalu mengajarkan budi pekerti serta ajakan melakukan kebajikan.

Karena itu,i d kata Fauzi, upaya pelestarian seni budaya tradisional ini akan terus digalakkan Pemerintah Kabupaten Pringsewu, sebagai bagian dari program pembangunan kebudayaan nasional.

Sementara Kepala Pekon Nusawungu, Joko Supriyono menceritakan sejarah singkat pekonnya yang lahir Selasa Kliwon tahun 1951. Dirintis  tujuh orang dari Kecamatan Ambarawa dipimpin San Makmur.

"Mayoritas warga kami bermata pencaharian sebagai petani perkebunan dan sawah," jelasnya. 

Menurut dia, pekonnya mengikuti lomba pekon (desa) tingkat Kabupaten Pringsewu dan sudah dilakukan penilaian. "Jika pekon kami meraih juara 1, kami akan mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti lomba desa  tingkat provinsi,” tegas Joko Supriyono. 

Tampak hadir pada acara itu, Kakan Kesbangpol Sukarman, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Pringsewu Moudy Ary Nazolla, uspika dan tokoh masyarakat setempat. (*).

Laporan: Sulistyo.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Novan Erson Pimpin PWI Pesibar ...

MOMENTUM, Krui--Novan Erson terpilih sebagai Ketua Persatuan Wart ...


Kajari Tubaba Berkunjung ke Balai Wartawan Ba ...

MOMENTUM, Panaragan -- Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten ...


Bupati Pesibar Janji Bangun Kantor PWI ...

MOMENTUM, Krui--Bupati Pesisir Barat (Pesibar) Agus Istiqlal, ber ...


Manajemen PTPN I Regional 4 Tingkatkan Sinerg ...

MOMENTUM, Surabaya – Untuk meningkatkan sinergi bersama insan m ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com