Program Sanitasi Bangun 21 Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpusat

Tanggal 22 Mar 2020 - Laporan - 757 Views
Penandatanganan prasasti peresmian 21 SPALD-T di Pringsewu. Foto. Sulistyo.

MOMENTUM, Pringsewu--Program sanitasi di Kabupaten Pringsewu pada tahun 2018/2019 membangun 21 Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALD-T).

Selesainya pembangunan program tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Pringsewu Sujadi, Sabtu (21-3-2020) yang dipusatkan di lokasi SPALD-T Pekon Ambarawa Barat, Kecamatan Ambarawa. 

Sebelumnya, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pringsewu Andi Purwanto didampingi Sekretaris Imam S. Raharjo menjelaskan, ke-21 SPALD-T itu tersebar di lima kelurahan dan 16 pekon di Kecamatan Pringsewu dan Ambarawa.  Yakni berada di Kelurahan Pringsewu Barat, Utara, Timur, Selatan, dan Kelurahan Pajaresuk. Serta di Pekon Sidoharjo, Podomoro, Podosari, Rejosari, Bumiarum, Bumiayu, Fajaragung, Fajaragung Barat, Walujati, Margakaya, Kecamatan Pringsewu. Sedang di Kecamatan Ambarawa berada di Pekon Ambarawa Barat, Margodadi, Jatiagung, Tanjunganom, Kresnomulyo dan Pekon Sumberagung.

Andi Purwanto menambahkan, program menhabiskan anggaran masing-masing sebesar Rp425 juta yang diluncurkan tiga tahap. Pembangunan fisik dan progres keuangannya telah selesai. Serah terima pekerjaan telah dilaksanakan pada 16 Desembet 2019 di Kantor PU Kabupaten Pringsewu.

Sementara Bupati Sujadi mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada para warga yang menghibahkan lahan untuk program pembangunan SPALD-T tersebut. 
Sujadi mengharapkan kepada 21 penerima program Sanitasi TA. 2018-2019 agar dapat merawat dengan baik. Semoga program tersebut bermanfaat dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. 

Juga diharapkan lokasi itu dapat difungsikan untuk tempat pertemuan, diskusi, atau kegiatan PKK, Posyandu dan kepemudaan. Bahkan bila perlu lokasi yang berdekatan dengan persawahan bisa berkolaborasi dengan pemilik sawah agar dibuat destinasi wisata alam persawahan.

"Atau di buat spot-spot dengan ditanami aneka bunga, pasti bakal banyak pengunjungnya. Hal ini atomatis dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar lokasi," harap Bupati Sujadi.
Tampak hadir Kadis Kesehatan Purhadi, Camat Ambarawa Sutikno, Sekcam Pringsewu Suyatno, para kepala Pekon, lurah, dan warga setempat. (*).

Laporan: Sulistyo.
Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemkab Pandeglang dan Astra Financial Resmika ...

MOMENTUM, Pandeglang --  Puskesmas Pembantu (Pustu) Pakulura ...


Pemkot Metro Fasiliasi Tiga Pasien Jalani Per ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memfasilitasi tig ...


Rumah Sakit Sri Pamela Membang Muda Resmikan ...

MOMENTUM, Medan -- Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang be ...


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com