Mendagri Saksikan Bupati Pesawaran Wisuda di Kampus IPDN

Tanggal 28 Jul 2020 - Laporan - 824 Views
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dan Mendagri Tito Karnavian saat sesi foto bersama./Ist

MOMENTUM, Pesawaran--Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona secara resmi telah menuntaskan gelar akademisnya di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Hal itu terbukti dalam gelaran wisuda program pasca sarjana Magister Terapan Ilmu Pemerintahan angkatan 2019/2020, di Lapangan Parade Abdi Praja IPDN Kampus Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Selasa (28-7-2020).

Wisuda Bupati Pesawaran tersebut berlangsung istimewa, sebab disaksikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, mewakili Presiden RI Joko Widodo yang berhalangan hadir.

Dalam sambutan, Mendagri menyampaikan apresiasi karena pelaksanaan wisuda secara langsung itu dilakukan sesuai protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

“Saya mengucapkan apresiasi kepada Rektor IPDN dan segenap jajaran sehingga pelaksanaan wisuda ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid-19 yang baik," kata Mendagri melalui rilis yang diterima harianmomentum.com.

Senada, Dendi pun berharap ilmu yang diperolehnya dapat bermanfaat untuk masyarakat luas khususnya masyarakat kabupaten berjuluk Andan Jejama.

Pelaksanaan prosesi wisuda dalam kondisi pandemi merupakan momentum langka yang akan dicatat dalam sejarah.

Karena itu, semua kegiatan akan mengikuti protokoler kesehatan yang disesuaikan dengan kondisi pandemi.

“Ini akan dicatat oleh generasi selanjutnya, semua protokol dan kegiatan tentunya dilaksanakan dengan pedoman protokol kesehatan, termasuk pelantikan program IPDN akan dilaksankan dengan protokol ini," katanya

Tito juga mengatakan biasanya wisuda IPDN dilaksanakan dalam gedung, untuk menghindari penularan virus maka kali ini dilaksanakan di lapangan Parade Abdi Praja IPDN Kampus Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

"Ada jaga jarak, masker, hand sanitizer, bahkan menggunakan face shield, baik di Jakarta maupun di Jatinangor,” kata Mendagri.

Sebagai bagian dari pelaku sejarah, para wisudawan/wisudawati juga akan menyimpan pan rosesi wisuda dan perayaan kelulusan dengan kenangan tersendiri yang tak terlupakan.

“Sudah banyak lulusan-lulusan IPDN, adik-adik pasti akan ditanya, lulusan tahun berapa? Lulusan pada waktu pandemi, begitu kira-kira. Jadi orang sudah tahu lulusan Tahun 2020,” seloroh Mendagri.

Pelaksanaan wisuda IPDN Tahun 2020 merupakan bagian dari adaptasi baru dalam masyarakat atau new normal.

Tak mudah mengelola sebuah institusi dengan jumlah mahasiswa yang banyak, dan dengan prosesi wisuda yang melibatkan banyak orang.

"Dengan menerapkan protokol kesehatan seketat mungkin, IPDN dapat menjadi salah satu model dalam penerapan new normal dalam sektor pendidikan," pungkas Tito.

Laporan: Rifat Arif/rls

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pimpin KNPI Lamtim, Arman Ajak Pemuda untuk B ...

MOMENTUM, Batanghari--Arman Fellany Lamnunyai terpilih menjadi Ke ...


Samsudin Ingin Pringsewu Jadi Kota Madya ...

MOMENTUM, Pringsewu--Penjabat (Pj) Gubernur Samsudin ingin menjad ...


Tinjau Pasar Gadingrejo, Pj Gubernur Pantau K ...

MOMENTUM, Pringsewu--Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin dida ...


Hidupkan Ikon Pringsewu, Pj Gubernur: Gerakan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Penjabat (Pj) Gubernur Samsudin dan Pj B ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com