Pilkada 2020, Daftar Pemilih di Bandarlampung Meningkat

Tanggal 08 Sep 2020 - Laporan - 2145 Views
Pleno DPS KPU Kota Bandarlampung. Foto: acw

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Bandarlampung tahun 2020 mengalami peningkatan.

Berdasarkan rapat pleno Daftar Pemilih Sementara (DPS) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandarlampung, ditetapkan sebanyak 640.910 DPS, terdiri dari laki-laki 321.336 dan perempuan 319.574.

Peleno yang dihadiri 20 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kota setempat itu bertempat di Emersia Hotal, Bandarlampung, Selasa (8-9-2020).

"Pada pemilu lalu total ada 638.147 daftar pemilih. Jika dibandingkan dengan DPS saat ini yang jumlahnya 640.910, maka ada kenaikan sekitar dua ribuan untuk di Kota Bandarlampung," kata Komisioner KPU Bandarlampung Divisi Pusat Data dan Informasi Ika Kartika usai pleno.

Sebaran DPS di 20 Kecamatan se-Bandarlampung.

Meski demikian, bukan berarti pleno DPS adalah hasil final. Sebab beberapa pekan mendatang akan kembali digelar pleno mengesahan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Untuk sampai DPT ada tahapan uji publik 19-28 September. KPU melalui PPS akan menempel DPS (data pemilih per TPS) di tempat umum yang strategis," jelas Ika.

Di tahapan uji publik, KPU setempat berharap peran serta masyarakat untuk memberikan tanggapannya.

"Kita harapkan peran serta masyarakat. Jika ada yang belum terdata, bisa melaporkan ke PPS untuk didata, datang dengan menyerahkan fotokopi KTP," imbaunya.

Dengan begitu, diharapkan seluruh masyarakat kota yang sudah berhak memilih bisa menyumbangkan suaranya pada pencoblosan 9 Desember 2020.

"Meski nantinya (saat pencoblosan) masih bisa pakai E-KTP (yang tidak terdata). Tapi tentunya kita mengharapkan DPT dengan data yang falid," ungkapnya.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Hanan-Umar untuk Lampung 2024, Hanan: Bisa sa ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Hanan A Razak resmi mendaftar calon gube ...


Hanan A Razak Ikut Penjaringan Cagub di PDIP ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Hanan A Razak resmi mengambil formulir p ...


Hadapi Pilbup, Ismet Roni Masif Sosialisasi d ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Perlahan tapi pasti, sejak mendapatkan s ...


Nyalon Bupati Pringsewu, Ririn Kuswantari Iku ...

MOMENTUM, Pringsewu--Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung Fraksi Gol ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com