Operasi Zebra Krakatau, Polres Tulangbawang Prioritaskan Aksi Simpatik

Tanggal 01 Nov 2020 - Laporan - 510 Views
Petugas memasangkan masker kepada pengguna jalan yang tidak mematuhi protokol kesehatan./rhm

MOMENTUM, Tulangbawang--Berbeda dari tahun sebelumnya, Operasi Zebra Krakatau 2020 di wilayah hukum Kepolisian Resor (Polres) Tulangbawang lebih mengedepankan aksi simpatik ketimbang penindakan langsung.

Aksi simpatik dilakukan dengan pembagian stiker, leaflet dan masker bagi para pengguna jalan.

"Kegiatan ini dilakukan mengingat, saat ini masih kondisi yang memprihatinkan karena pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)," ujar Kasat Lantas Iptu Ipran, SH mewakili Kapolres Tulangbawang AKBP Andy Siswantoro, SIK, Minggu (01-11-2020).

Menurut dia, dalam operasi kemarin (Sabtu (31-10), petugas melakukan kegiatan yang bersifat simpatik kepada para pengendara yang melintas di Jalintim, Kampung Lebuhdalem Kecamatan Menggala Timur, Kabupaten Tulangbawang.

Iptu Ipran menjelaskan, pada kegiatan yang bersifat simpatik tersebut petugas tidak melakukan tindakan sama sekali kepada para pengendara yang melintas tetapi memberikan stiker, leaflet dan masker secara gratis.

"Sebanyak 50 lembar stiker imbauan ayo pakai masker di pasang oleh petugas kami, dengan rincian 25 lembar dipasang pada kendaraan umum dan 25 lembar dipasang pada kendaraan pribadi," jelasnya.

Selain itu, petugas juga membagikan 50 lembar leaflet tentang Operasi Zebra Krakatau 2020 dan 30 masker kain kepada para pengendara yang melintas.

Pada pelaksanaan Operasi Zebra Krakatau-2020 ini, petugas kami lebih mengedepankan kegiatan yang lebih bersifat simpatik dan tidak melakukan tindakan tilang kepada para pengendara, hal itu sesuai dengan perintah langsung dari Kapolri.

"Walaupun tidak ada penindakan berupa tilang, kami mengimbau kepada para pengendara untuk tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas serta lengkapi diri dengan surat-surat kendaraan seperti SIM dan STNK, khusus untuk pengendara sepeda motor agar selalu memakai helm SNI," papar Iptu Ipran.

Pandemi Covid-19 saat ini masih berlangsung, untuk itu tambah Iptu Ipran diharapkan kepada warga yang beraktivitas di luar rumah untuk tetap disiplin menerapkan 3M plus 1T (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir serta tidak berkerumun) agar tetap aman dan terhindar dari Covid-19.(**)

Laporan: Abdul Rahman

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Polsek Punggur Bekuk DPO Pelaku Curat ...

MOMENTUM, Punggur--Gerak cepat jajaran Team Khusus Anti Bandit (T ...


Polres Pringsewu Tangkap Remaja Curi Handphon ...

MOMENTUM, Pringsewu--Aparat Polres Pringsewu menangkap remaja RA ...


Polres Pringsewu Petakan Lokasi Rawan Macet ...

MOMENTUM, Pringsewu--Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Prings ...


Tersangka Begal Motor di Lambukibang Babak Be ...

MOMENTUM, Lambukibang -- Ahmad Murdiono, warga Tiyuh/Desa Dayasak ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com