Swadaya Masyarakat, Pembangunan Masjid di Lingkungan Sukajadi Dimulai Pekan Depan

Tanggal 12 Nov 2020 - Laporan - 593 Views
Proses pengukuran arah kiblat di lokasi pembangunan Masjid Dzihabbul Jannah ,Lingkungan Sukajadi I, Kelurahan Waymengaku, Kecamatan Balikbukit

MOMENTUM, Balikbukit--Harapan warga Lingkungan Sukajadi I, Kelurahan Waymengaku, Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) untuk memiliki masjid baru, segera terwujud.

Petugas Kementerian Agama (Kemenag) kabupaten setempat, Kamis (12-11-2020) melakukan kalibrasi atau penentuan arah kiblat di lokasi pembangunan Masjid Dzihabbul Jannah itu.

Ketua Panita Pembangunan Masjid Dzihabbul Jannah Jaimin mengatakan, pengukuran untuk menentukan arah kiblat itu merupakan awal dari pelaksanakan pembangunan yang akn dimulai pekan depan. 

"Alhamdulilah, hari ini tim dari Kemenag turun untuk menentukan arah kiblat calon Masjid Dzihabbul Jannah. Untuk peletakan batu pertama pembangunanya dijadwalkan Senin 16 November 2020," kata Jaimin.

Menurut Jaimin, dana pembangunan Masjid Dzihabbul Jannah dihimpun dari hasil swadaya masyarakat. 

"Untuk tahap awal, dana hasil swadaya masyarakat untuk membangun masjid ini sudah cukup. Termasuk material banguan yang juga hasil swadaya masyarakat,"  ungkapnya.

Meski demikian, lanjut Jaimin, pihaknya tetap membuka dan menerima bila ada yang ingin berpartisipasi membantu prosis pembangunan masjid tersebut.

"Kami berharap partisipasi masyarakat untuk membantu kelancaran proses pembagunan masjid ini," harapnya.

Kasi Bimas Kemenag Lambar Ali Muktar mengatakan, penentuan arah kiblat sangat penting untuk memulai proses pembangunan masjid atau musala.

"Arah kiblat menentukan struktur dan tata letak bangunan. Paling penting adalah mendukung khusuknya pelaksanaan ibadah. Karena itu, arah kiblat ke Kabah di Mekah harus benar-benar tepat," terangnya. (**)

Laporan: Sulemy

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


BWI Tulangbawang Punya Ketua Baru ...

MOMENTUM, Menggala--Pengurus perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BW ...


Puluhan JULEHA Metro Dilatih Penyembelihan AS ...

MOMENTUM, Metro--Puluhan  Juru Sembelih Halal (JULEHA) Kota Metr ...


Muhammadiyah Lamteng Bahas Program Kerja ...

MOMENTUM, Terbanggibesar--Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpin ...


Halalbihalal PWRI, Budiono Bakti Ungkap 13 Pi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Persatuan Wredatama Republik Indonesia ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com