Sumatera Barat Tuan Rumah HPN 2018

Tanggal 21 Mar 2017 - Laporan - 1559 Views
ilustrasi: Salah satu ikon Provinsi Sumatera Barat (Jalan layang Kelok Sembilan) yang akan menjadi tuan ruam HPN tahun 2018.

Harianmomentum--Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), akhirnya  terpilih sebagai tuan rumah peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2018, menyisihkan Sumatera Utara dan Solo, Jawa Tengah.

 

Penetapan PWI Sumbar sebagai tuan rumah HPN tahun depan itu, dilakukan melalui rapat pleno pengurus PWI Pusat dengan perwakilan pengurus provisi se-Indonesia,  di Jakarta, Selasa (21/3). 

 

Prtoses penetapan tuan rumah HPN 2018 itu dilakukan berdasarkan masukan dari tim verifikasi dan perwakilan pengurus PWI provinsi.  

 

Bagi PWI  Sumbar, HPN bukanlah hal  baru.  Gagasan menjadikan tanggal 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional muncul pada Kongres ke 16 PWI , di Padang, Sumatera Barat pada 4 Desember 1976.

 

Salah satu butir keputusan Kongres PWI di Padang saat itu, masih berupa gagasan  untuk menetapkan suatu hari bersejarah, guna memperingati peran dan keberadaan pers secara nasional. 

 

Kehendak itu, kemudian diusulkan kepada pemerintah melalui Dewan Pers untuk menetapkan Hari Pers Nasional.

 

Dalam sidang Dewan Pers ke-21 di Bandung pada tanggal 19 Februari 1981, keinginan itu disetujui, selanjutnya  disampaikan kepada pemerintah dan menetapkan penyelenggaraan Hari Pers Nasional.

 

Peringatan Hari Pers Nasional, akhirnya diselenggarakan setiap tahun pada tanggal 9 Februari yang ditetapkan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 5 Tahun 1985, ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985.

 

Menurut Ketua PWI Sumbar Heranof, penujukan tuan rumah HPN 2018 sangat tepat, karena gagasan peringatan hari bersejarah  insan pers nasional itu, diawali di Padang. 

 

“Jadi ibarat pepatah, anak pulang ka induak, pisau pulang ka saruang,” kata Heranof yang  baru menjabat Ketua PWI Sumbar pada awal  tahun 2017 lalu.

 

Dia menenuturkan, sejatinya  keinginan  untuk menjadi tuan rumah HPN sudah muncul,  saat Ketua PWI Sumbar dijabat  Basril Basyar.

 

“Di penghujung masa jabatan Bang Basril sebagai Ketua PWI Sumbar, kami sudah berusaha mencalonkan sebagai tuan rumah HPN 2017.  Tapi sayang, kami kalah dengan Ambon (Maluku). Padahal dari kesiapan dan fasilitas, Sumbar lebih unggul dari Ambon,“ tuturnya.

 

Ketua Dewan  Kehormatan Daerah  (DKD) PWI Sumbar Basril Basyar  mengungkap, pencalonan sebagai tuan rumah HPN itu termotivasi dari PWI Provinsi Jambi yang  terpilih  menjadi tuan rumah HPN tahun 2012.

 

“Bagi kami kepengurus PWI Sumbar  periode 2017-2022 penyelenggaraan HPN  ini  akan menjadi catatan sejarah,” ungkapnya Basril.

 

Heranof dan Basril mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumbar, bupati/walikota serta masyarakat yang telah  mendukung  pencalonan  menjadi tuan rumah HPN tahun 2018.

Terpilihnya,  Sumbar sebagai tuan rumah HPN 2018 mendapatkan apresiasi dan dukungan dari  sejumlah  pengurus PWI provinsi.     

 

“Selamat untuk Sumbar. Selamat bekerja untuk Uda Heranof dan Yda BB. Kita bikin HPN yg hebat.Saya, mas Anas dan Bang Hermansjah akan support,” tulis  Ketua PWI Jateng Amir Machmud, di group WhatsApp pengurus PWI. (rls)

Editor: Momentum


Comment

Berita Terkait


BWI Tulangbawang Punya Ketua Baru ...

MOMENTUM, Menggala--Pengurus perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BW ...


Puluhan JULEHA Metro Dilatih Penyembelihan AS ...

MOMENTUM, Metro--Puluhan  Juru Sembelih Halal (JULEHA) Kota Metr ...


Muhammadiyah Lamteng Bahas Program Kerja ...

MOMENTUM, Terbanggibesar--Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpin ...


Halalbihalal PWRI, Budiono Bakti Ungkap 13 Pi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Persatuan Wredatama Republik Indonesia ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com