Soal KBM Tatap Muka, IDI Minta Diterapkan Secara Bertahap

Tanggal 14 Des 2020 - Laporan - 572 Views
Ketua IDI Cabang Bandarlampung dr Aditya M Biomed. Foto: Vino AW

MOMENTUM, Bandarlampung--Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengharapkan pemerintah menerapkan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka secara bertahap.

Ketua IDI Cabang Bandarlampung, dr Aditya M Biomed mengatakan rencana penerapan KBM yang akan dilaksanakan pada Januari 2021 idealnya dimulai dari tingkatan perguruan tinggi (PT) serta pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA/sederajat).

"Alasannya, pelajar SMA atau sederajat dan para mahasiswa sudah dapat diatur dalam penerapan protokol kesehatan," kata Aditya, Senin (14-12-2020).

Dia meminta, pelaksanaan KBM itu dilakukan secara bertahap agar dapat menerapkan protokol kesehatan serta menjadi bahan evaluasi pemerintah.

"Jika tidak dilakukan secara bertahap, saya khawatir bahkan pesimis corona virus disease 2019 (covid-19) tidak hilang meski telah ada vaksin," kata dr Aditya.

Lalu, lanjut dia, jika hal itu telah dilaksanakan kemudian tidak menimbulkan klaster baru atau penambahan kasus covid-19, maka KBM tingkat sekolah menengah pertama (SMP) atau sederajat dapat dilakukan secara tatap muka.

"Begitu seterusnya, jika KBM tatap muka tingkat SMP berhasil maka dapat dilanjutkan hingga tingkat sekolah dasar (SD) atau sederajat bahkan taman kanak-kanak (TK)," terangnya.

Sedangkan, jika hal itu tidak berhasil karena adanya klaster, pemerintah diminta membatalkan program tersebut.

"Jika ada kegagalan, mau tidak mau pemerintah harus membatalkan KBM secara tatap muka di semua tingkat pendidikan," tegasnya. (**)

Laporan: Vino Anggi Wijaya

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com