Ketua DK PWI: Wartawan Harus Profesional

Tanggal 18 Des 2020 - Laporan - 726 Views
Ketua Dewan Kehormatan PWI Lampung Iskandar Zulkarnain.

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (DK PWI) Lampung Iskandar Zulkarnain meminta jurnalis menjaga profesionalisme.

Hal itu disampaikan Iskandar saat menjadi pemateri Workshop Peningkatan Kapasitas Anggota Muda PWI Lampung, Jumat (18-12-2020).

Menurut Iskandar, dalam menjalankan tugasnya, wartawan dilindungi Undang-undang (UU) Pers. Namun, tetap profesionalitas dalam melaksanakan tugasnya.

"Tetapi jangan mentang-mentang dilindungi kita merasa gagah. Karena kita dilindungi undang-undang, jadi harus profesional," sebutnya.

Karena itu, ia mengingatkan profesi wartawan tidak dijadikan sampingan. Namun, harus benar-benar menjaga marwah dalam melaksanakan tugas dan mengedepankan kode etik jurnalistik.

"Kalau mau jadi wartawan ya wartawan yang benar. Jangan dijadikan sampingan. Mending berhenti dari wartawan kalau hanya sekadar sampingan," jelasnya.

Selain itu, dia berpesan agar wartawan harus seimbang dalam menulis berita serta mengedepankan azas praduga tidak bersalah.

"Ini penting untuk wartawan. Harus ada azas praduga tidak bersalah. Jangan diyakini bersalah kalau belum tentu kebenarannya," terangnya. tuturnya. (**)

Laporan/Editor: Agung DW

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Muhammadiyah Lamteng Bahas Program Kerja ...

MOMENTUM, Terbanggibesar--Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpin ...


Halalbihalal PWRI, Budiono Bakti Ungkap 13 Pi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Persatuan Wredatama Republik Indonesia ...


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com