Pandemi Covid-19, Tanggamus Kini Masuk Zona Kuning

Tanggal 17 Feb 2021 - Laporan - 506 Views
Ilustrasi/ist

MOMENTUM, Kotaagung--Pandemi Covid-19 di Kabupaten Tanggamus menunjukkan perkembangan positif. Sebelumnya, Tanggamus masuk zona merah pandemi. Kemudian turun ke zona orange dan kini zona kuning.

Menurut Sekretaris Dinas Kesehatan Tanggamus Taman Prasi, keberhasilan ini adalah hasil kerja keras semua pihak baik yang terlibat dalam Satgas Covid-19 maupun di luar satgas. 

"Ini adalah keberhasilan lintas sektoral, kita berhasil menekan penyebaran Covid-19 dan sekarang masuk zona kuning," ujar Prasi. Rabu (17-2-2021).

Selama ini Satgas Covid-19 sudah berusaha maksimal agar kasus Covid-19 di Tanggamus turun. Usaha bersama itu berhasil menurunkan menjadi zona kuning. Artinya, kata dia, penyebaran Covid-19 terkendali. 

"Kami minta meski sudah zona kuning tapi jangan kendor, semua pihak tetap berusaha patuhi protokol kesehatan. Karena upaya yang selama ini sudah berhasil," kata Prasi. 

Ia juga minta jangan sampai setelah zona kuning kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 turun, tapi justru itu dipertahankan sampai berakhirnya masa vaksinasi Covid-19. 

"Imbauan kami ke masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan, hindari kerumunan dan jangan bepergian jika tidak perlu, selain dari pakai masker, cuci tangan pakai sabun," terang Prasi. 

Ia berharap status zona kuning ini bertahan lama, maka semua pihak harus sama-sama mempertahankannya. Sebab harapnnya jangan sampai muncul kasus-kasus baru lagi. 

Masuknya Tanggamus ke zona kuning termasuk keberhasilan drastis, sebab awal Januari lalu Tanggamus masuk zona merah. Hampir tiga pekan setelahnya berhasil masuk ke zona orange yang artinya kasus menurun. 

Kini di pertengahan Februari masuk ke zona kuning. Selama ini juga kemunculan kasus menurun drastis dengan pertambahan kasus antara satu atau dua kasus. Sisanya sering nol kasus.  

Sampai saat ini di Tanggamus tercatat ada 522 kasus, 486 orang selesai isolasi, 26 kasus kematian. (*)

Laporan: Galih/Ijal

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemkot Metro Fasiliasi Tiga Pasien Jalani Per ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memfasilitasi tig ...


Rumah Sakit Sri Pamela Membang Muda Resmikan ...

MOMENTUM, Medan -- Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang be ...


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com