Tulangbawang Siap Sukseskan Program Keamanan Pangan Terpadu

Tanggal 16 Mar 2021 - Laporan - 437 Views
Sekretaris Daerah Kabupaten Tulangbawang Anthoni mengikuti focus group discussion dengan BPOM

MOMENTUM, Menggala--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang siap mendukung program keamanan pangan terpadu yang dilaksanakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di seluruh Indonesia.    

Kesiapan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Tulangbawang Anthoni, usai mengikuti focus group discussion dengan BPOM, Selasa (16-3-2021). Acara yang berlangsung secara virtual itu membahas peluncuran Program Keamanan Pangan Terpadu Kabupaten/Kota.

Pada akesempatan tersebut, Sekdakab didampingi: kelada dinas kesehatan, kepala dinas perdagangan, dan Kepala  Dinas Ketahanan Pangan.

Anthoni mengatakan, keamanan pangan terpadu bagian dari program prioritas nasional untuk penurunan kasus stunting yang ditarget mecapai 100 persen pada tahun 2024. 

Karena itu, lanjut dia, Pemkab Tulangbawang akan memperkuat koordinasi dan sinergi untuk menyukseskan pelaksanaan program tersebut.

Sebelumnya, Deputi 3 BPOM Bidang Pengawan Pangan Olahan Rita Endang mengatakan, berdasarkan Undang-Undang Nomor: 18 Tahun 2012, pangan merupakan kebutuhan dasar manusia. Karena itu, pemenuhan pangan harus mencakupi kecukupan gizi, mutu dan keamanan.

“Keamanan pangan harus dipenuhi disepanjang rantai pangan. Pemenuhan itu  merupakan tanggung jawab bersama. Untuk mewujudkan keamanan pangan perlu dilakukan melalui tiga pilar keamanan pangan" pelaksanaan keamanan pangan oleh pemerintah, pelaku Usaha dan masyarakat,” Rita.

Dia berharap, program keamanan pangan terpadu dapat berkontribusi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan pemulihan perekonomian Indonesia. Terutama pada masa pandemi covid-19. (**) 

Laporan: Abdul Rohman

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


749 Pegawai di Tanggamus Terima SK PPPK ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irs ...


FGD DLH Pesibar, Instrumen Lingkungan Harus M ...

MOMENTUM, Krui -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir ...


Warga Bulukerto Berharap Perbaikan Jembatan G ...

MOMEBTUM, Gadingrejo--Masyarakat Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadin ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com