Hadiri Penutupan Rakernas IX TP PKK, Riana Ajak Kader PKK Jadi Mitra Pemerintah

Tanggal 16 Mar 2021 - Laporan - 541 Views
Ibu Riana Sari Arinal saat menghadiri penutupan Rakernas IX TP PKK.

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Tim Penggerak TP PKK Provinsi Lampung, Ibu Riana Sari Arinal menghadiri penutupan Rakernas IX TP PKK yang dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) melalui aplikasi zoom meeting, yang dilangsungkan di Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (16-3-2021). Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Lampung menghadiri dari Kantor PKK Provinsi Lampung, Jalan Ir Juanda Pahoman Bandarlampung.

Pada kesempatan itu, Ibu Riana meminta kepada seluruh pengurus PKK provinsi agar terus melakukan koordinasi menjalankan program-program yang sudah ada.

“Program-program PKK tingkat provinsi harus dikoordinasikan hingga TP PKK kabupaten/kota, bahkan hingga kecamatan. Sehingga program yang dijalankan dapat searah,” katanya.

Ia juga menyampaikan agar para pengurus PKK dapat menjadi mitra pemerintahan dalam mensosialisasikan program-program pemerintah. Seluruh kader PKK harus dapat memahami program pemerintah dan bisa menjelaskan kepada masyarakat.

Ia berharap, setiap pokja bisa mengimplementasikan hasil Rakernas PKK, sehingga bisa dirasakan oleh masyarakat.

Usai menghadiri penutupan Rakernas, Ibu Riana dan pengurus PKK Provinsi menyempatkan diri meninjau Warung Pojok aneka makanan, yang disajikan oleh PKK kabupaten/kota.

Dilanjutkan dengan peninjauan ke Lamban Batik, di sini rombongan dimanjakan dengan suguhan batik-batik yang menarik, hasil karya pengrajin batik di Lampung.

Sementara itu, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Nata Irawan saat menutup Rakernas menyampaikan rasa bangga kepada TP PKK arena telah berhasil menyelesaikan acara lima tahunan ini, mesipun di tengah pandemi.

Ia juga berharap ke karena PKK bisa meningkatkan sinergitas dan kemitraan dengan institusi dan pemerintah untuk menyukseskan pembângunan, terutama di tingkat pemerintah daerah.

Di era digital ini, ia juga berharap agar PKK bisa merespon setiap permasalahan dengan cepat dan tepat. Sudah seharusnya PKK bergerak seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi, sehingga setiap informasi bisa segara tersampaikan hingga tingkat dasawisma bahkan keluarga.

“Ke depannya saya juga berharap PKK bisa mewujudkan kegiatan-kegiatan yang menyentuh masyarakat, sehingga masyarakat makin bisa merasakan keberadaan PKK,” tandasnya.

Sekretaris Umum TP PKK Pusat Andi Yuliarmiangsyah mengatakan bahwa Rakernas ini merupakan agenda rutin 5 tahunan untuk merancang visi-misi PKK tahun 2021-2024. Adapun gerakan utama PKK yang dirancang untuk tahun 2021-2024 adala ketahanan ekonomi, revolusi mental, perkuat layanan dasar sert lingkungan hidup.

“Semua itu diimplementasikans setiap tahun dalam 10 program pokok PKK,” bebernya. Penurunan penyebaran Covid-19 dan angka stunting juga merupakan agenda pokok tahun 2021-2024, sehingga ia sering mengajak pengurus PKK hingga kabupaten/kota serta desa bahkan dasawisma untuk selalu memperhatikan program tersebut dan terus ditingkatkan koordinasi dengan institusi dan lembaga terkait. (**)

Editor: Nurjanah/rilis

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


749 Pegawai di Tanggamus Terima SK PPPK ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irs ...


FGD DLH Pesibar, Instrumen Lingkungan Harus M ...

MOMENTUM, Krui -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir ...


Warga Bulukerto Berharap Perbaikan Jembatan G ...

MOMEBTUM, Gadingrejo--Masyarakat Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadin ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com