Dawam Buka Pelatihan Teknis Pertolongan di Permukaan Air

Tanggal 06 Apr 2021 - Laporan - 505 Views
Bupati Lampung Timur M Dawam Rahardjo.

MOMENTUM, Labuhanmaringgai--Bupati Lampung Timur M Dawam Rahardjo membuka pelatihan teknis pertolongan di permukaan air bagi potensi pencarian dan pertolongan di Balai Desa Muaragading Mas, Kecamatan Labuhanmaringgai, Selasa (6-4-2021).

Inspektur Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Basarnas Pusat Brigjen TNI Chanlan Adilane mengatakan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan bagi semua peserta khususnya para nelayan sehingga kedepan bisa memberikan pertolongan.

"Jadikan pelatihan ini sebagai ajang mempererat silaturahmi antara semua peserta dan materi yang disampaikan dapat diserap dengan baik sehingga kedepan dapat dipraktekan di lapangan," ujarnya.

Dikatakan, pelatihan diharapkan menghasilkan semangat kemanusiaan, kesatuan pola pikir dan pola tindak yang sama untuk memberikan prlayanan jasa di bidang SAR seoptimal mungkin.

"Sebesar dan seberat apapun tugas yang kita hadapi dengan didasari niat mulai, saya yakin dan percaya pelananan pencarian dan pertolongan tersebut bukan suatu hal yang mustahil untuk di wujudkan," tambahnya.

Dawam mengatakan tentang pentingnya diadakan pelatihan tersebut guna mencapai sinergitas dalam misi kemanusiaan yang mengalami keadaan darurat atau bahaya.

“Kegiatan pencarian dan pertolongan merupakan tugas bersama yang harus disadari dari seluruh elemen baik pemerintah, swasta dan masyarakat dan dibutuhkan keseriusan dari masing-masing element tersebut," ujar Dawam.

Dawam juga menambahkan mengingat begitu besar peran dari para potensi pencarian dan pertolongan dalam membantu tugas penyelenggaraan suatu operasi pencarian dan pertolongan khususnya bagi masyarakat pesisir di Kabupaten Lampung Timur.

“Atas nama pemerintah daerah Kabupaten Lampung Timur saya berharap pelatihan ini dapat menghasilkan output yang memiliki kompetensi nyata, dapat dipertanggungjawabkan, serta semangat kemanusiaan untuk memberikan pelayanan jasa di bidang SAR seoptimal mungkin”.

Acara tersebut berlangsung selama lima hari dan diikuti oleh puluhan peserta dari TNI dan masyarakat umum yang rata-rata adalah para nelayan dipesisir pantai yang ada di Kecamatan Labuhanmaringgai. (*)

Laporan: Arif Fahrudin

Editor: M Furqon


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Muhammadiyah Lamteng Bahas Program Kerja ...

MOMENTUM, Terbanggibesar--Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpin ...


Halalbihalal PWRI, Budiono Bakti Ungkap 13 Pi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Persatuan Wredatama Republik Indonesia ...


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com