Pemkab Pesawaran Terima Penghargaan Menpan-RB

Tanggal 23 Apr 2021 - Laporan - 594 Views
Piagam penghargaan dari Menpan-RB untuk Pemkab Pesawaran

MOMENTUM, Gedongtataan--Upaya Pemkab Pesawaran mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan transparan, mendapat apresiasi dalam bentuk piagam penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahyo Kumolo.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pesawara Razak mengatakan, penghargaan diberikan atas   keberhasilan Pemkab Pesawaran mencapai predikat B hasil evaluasi melalui program Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2020. 

"Pelaksanaan evaluasi ini berpedoman pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pedoman Evaluasi atas Implementasi Sistem  Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah," kata Razak kepada Harianmomentum.com, Jumat (23-4-2021).

Dia menerangkan, evaluasi SAKIP bertujuan, menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban terhadap penggunaan angggaran. "Nah, dari haasil evaluasi itu menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten pesawaran memperoleh predikat B," tambahnya.

Predikat B itu, kata dia, menunjukkan tingkat efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya sudah cukup memadai.

Selain itu kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan juga sudah menunjukkan hasil yang baik.

“Komponen yang dinilai dalam evaluasi SAKIP antara lain: perencanaan kerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal dan capaian kinerja,“ terangnya.

Pemkab Pesawaran  akan terus mengupayakan perbaikan SAKIP, sehingga lebih optimal dengan harapan kelak mendapat penghargaan kategori A.

"Kita terus lakukan perbaikan SAKIP, diantaranyadengan melakukan review secara berkala atas Renstra OPD, terkait  kualitas perumusan tujuan, sasaran strategi dan indikator kinerja," jelasnya.

Selain itu, juga pemkan berupaya meningkatkan kualitas laporan kinerja, antara lain dengan menyajikan analisis efisiensi penggunaan anggaran terhadap pencapaian kinerja. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


BNPB Diminta Segera Tangani Masalah Banjir di ...

MOMENTUM, Mesuji -- Pemerintah Kabupaten Mesuji meminta Badan Nas ...


Kabupaten Mesuji Kembali Meraih WTP dari BPK ...

MOMENTUM, Mesuji -- Kabupaten Mesuji bersama 10 kabupaten/kota se ...


Gubernur Lampung Tandatangani Kesepakatan den ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menan ...


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com