PMI Metro Temukan 28 Kantong Darah Terinfeksi

Tanggal 17 Sep 2017 - Laporan - 2557 Views
Ilustrasi: Net

Harianmomentum--Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Metro memberikan tali asih kepada warga penderita penyakit lumpuh melalui Gebyar Donor Darah Sukarela (DDS) dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PMI ke-72. 

 

Ketua Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Kota Ketro dr. Ade Kurniawan menuturkan, PMI berupaya agar jumlah pendonor darah sukarela semakin meningkat. Pasalnya, darah hasil donor sukarela kualitasnya lebih baik dan aman dibanding donor darah pengganti. 

  

Walikota Metro Achmad Pairin yang juga Ketua PMI setempat mengatakan, pendonor darah di Kota Metro setiap tahun meningkat. Ini, dapat dilihat dari jumlah pendonor darah pada tahun 2015 mencapai 11.248 ribu kantong, kemudian naik pada tahun 2016 menjadi 12.446 ribu kantong. Sedangkan tahun 2017 sampai bulan Agustus jumlah pendonor darah mencapai 9310 kantong. 

 

"Mudah-mudahan target pertahun sebanyak 12.000 kantong bisa tercukupi. Karena target kita perbulan itu mendapat 1000 kantong darah. Karena kebutuhan darah kita ini 1000 kantong perbulan," kata dia. 

 

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kata dia, PMI Kota Metro akan merutinkan sosialisasi kepada masyarakat. Selain itu, juga dilakukan penandatangan kerjasama (MoU) dengan berbagai organisasi dan komunitas di Bumi Sai Wawai. 

 

PMI Kota Metro, kata dia, juga sangat berhati-hati dalam menentukan darah yang siap edar. Pasalnya, dalam satu tahun darah yang tidak bisa diedarkan karena terinfeksi penyakit menular berjumlah 28 kantong. 

 

"Jadi kita harus berhati-hati. Jangan sampai nanti darah yang ada penyakitnya beredar. Kan ada itu penyakit yang bisa menular lewat darah seperti HIV/Aids atau Hepatitis," terangnya. (pie)

 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Gubernur: Sarana dan Prasarana Layanan Kes ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Memberikan layanan kesehatan, memerlukan ...


Peringati HUT ke-63, IKWI Lampung Gelar Disku ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke ...


Pemkab Pandeglang dan Astra Financial Resmika ...

MOMENTUM, Pandeglang --  Puskesmas Pembantu (Pustu) Pakulura ...


Pemkot Metro Fasiliasi Tiga Pasien Jalani Per ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memfasilitasi tig ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com