Rebutan Hasil Tanam, Satu Korban Tewas dan Tiga Terluka di Lamtim

Tanggal 17 Mei 2021 - Laporan - 921 Views
Jenazah korban tewas dibawa ke RSUD Sukadana.

MOMENTUM, Jabung--Akibat perselisihan atau rebutan hasil tanam tumbuh dari lahan yang telah diganti rugi oleh pemerintah menyebabkan dua kelompok warga asal Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) bentrok, Senin (17-5-2021).

Peristiwa itu mengakibatkan satu korban tewas dan tiga lainnya luka-luka.

Keterangan sejumlah saksi, peristiwa berawal dari lahan seluas 17 hektare di Desa Margabatin Kecamatan Jabung yang telah diganti rugi oleh pemerintah itu ditanam sawit, sengon serta tanaman lainnya. Hasil dari lahan itulah yang menjadi perebutan dua kelompok warga tersebut. 

Permasalahan yang berlarut pun memicu konflik antara kelompok SK dan AB dengan kelompok NJ dan AF, sekira pukul 10.30 WIB.

Puncaknya, kelompok NJ dan AF mendatangi kelompok SK dan AB yang sedang menunggu lokasi lahan. Akibatnya, terjadilah bentrok yang mengakibatkan NJ tewas. Sementara, AB, AF dan SK mengalami luka. 

Atas kejadian itu, petugas Polres Lamtim langsung mengevakuasi korban tewas ke Rumah Sakit Umum Daerah Sukadana. Sementara korban luka dibawa ke Rumah Sakit AKA Medika Bandar Sribawono. 

Hingga Senin petang, petugas Inafis Polres Lamtim masih melakukan olah tempat kejadian peristiwa.

Selain itu, petugas Polres Lamtim yang dipimpin Kabag Ops Kompol Syouzar Nanda Mega bersama Kasat Sabhara AKP Joni Maputra serta Kapolsek Jabung Iptu Dian Andika dan personil masih bersiaga di Polsek Jabung untuk menjaga situasi Keamanan yang kondusif. 

Kapolres AKBP Wawan Setiawan melalui Kasat Reskrim AKP Faria Arista menjelaskan, dari hasil penyelidikan sementara perselisihan itu dipicu perebutan hasil tanam tumbuh di Desa Negara Batin Kecamatan Jabung antar dua kelompok warga dari satu desa.

"Mengenai status lahan pada tanam tumbuh yang dipermasalahkan masih dalam penyelidikan," jelas AKP Faria Arista di Mapolsek Jabung.

Dilanjutkan, hingga saat ini belum ada penetapan tersangka atas kejadian itu karena masih dalam penyelidikan. Selain itu, korban yang luka-luka atas kejadian itu saat ini masih menjalani perawatan di rumah sakit. Sedangkan, korban yang tewas telah divisum dan diserahkan kepada pihak keluarga.

"Saat ini situasi sudah kondusif, namun kami tetap siaga untuk menjaga situasi yang kondusif," terang AKP Faria Arista.(**)

Laporan: Arif Fahrudin

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Polsek Punggur Bekuk DPO Pelaku Curat ...

MOMENTUM, Punggur--Gerak cepat jajaran Team Khusus Anti Bandit (T ...


Polres Pringsewu Tangkap Remaja Curi Handphon ...

MOMENTUM, Pringsewu--Aparat Polres Pringsewu menangkap remaja RA ...


Polres Pringsewu Petakan Lokasi Rawan Macet ...

MOMENTUM, Pringsewu--Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Prings ...


Tersangka Begal Motor di Lambukibang Babak Be ...

MOMENTUM, Lambukibang -- Ahmad Murdiono, warga Tiyuh/Desa Dayasak ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com