Pasien Covid-19 Meninggal Dunia, Pemkab Minta RSUD Tubaba Beri Surat Keterangan Kematian

Tanggal 11 Agu 2021 - Laporan - 675 Views
Rakor tindaklanjut penerapan PPKM Level 4 di Kabupaten Tulangbawang Barat

MOMENTUM, Panaragan--Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba)  diminta memberikan surat keterangan kematian kepada keluarga pasien covid-19 yang meninggal dunia.

Permintaan tersebut disampaikan Asisten I sekretariat Pemkab Tubaba Bayana, saat memimpin rapat koordinasi untuk menindaklanjuti Instruksi Ment4ri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor:30 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di kabupaten setempat.

Rakor yang juga dihadiri perwakilan organiasi keagaman dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) itu berlangsung di Sesat Agung (balai musyawrah masyarakat ada Lampung) Bumi Gayo, Kelurahan Panaraganjaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah Rabu (11-8-2021).

"Keluarga pasien covi-19 yang meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah harus diberi surat keterangan kematian, sebelum dimakamkan. Ini untuk menghindari fitnah dan hal-hal yang tidak diinginkan," kata Bayana.

Pemkab Tubaba juga meminta FKUB setempat menyiapkan rim kerohanian dan tim pemulasaraan jenazah Covid-19 sesuai dengan agama yang dianut.

"Kami berharap FKUB dapat berkoordinasi bagian kesra sekretarian pemkab, untuk membantu proses penanganan jenazah pasien covid-19, sesuai agama dan kepercayaan masing-masing," pintanya.

Selain itu, seluruh eleman juga diminta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan: memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas untuk mencegah penularan covid-19.

Saat ini, Kabupaten Tubaba masuk kategori daerah zona merah penyebaran covid-19. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, hingga 11 Agustus 2021, jumlah kasus positif covid-19 di Tubaba mencapai 919 orang. Dari jumlah tersebut, 719 orang selesai menjalani isolasi dan dinyatakan sembuh. Sendangkan korban meninggal dunia mencapai 139 orang. (**)

Laporan: solihin

Editor: munizar 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


BNPB Diminta Segera Tangani Masalah Banjir di ...

MOMENTUM, Mesuji -- Pemerintah Kabupaten Mesuji meminta Badan Nas ...


Kabupaten Mesuji Kembali Meraih WTP dari BPK ...

MOMENTUM, Mesuji -- Kabupaten Mesuji bersama 10 kabupaten/kota se ...


Gubernur Lampung Tandatangani Kesepakatan den ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menan ...


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com