Gedung Perpusarda Tanggamus Tidak Layak

Tanggal 26 Sep 2017 - Laporan - 1006 Views
Kondisi Gedung Dinas Perpusarda Kabupaten ini sangat memprihatinkan.

Hatrianmomentum--Sangat memprihatinkan.Begitulah gambaran kondisi Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Disperpusarda) Kabupaten Tanggamus saat ini. 

 

Falisiltas penyimpanan arsip yang tak memadai dan menimnya tenaga petugas membuat  fungsi dan kondisi kantor tersebut semakin jauh dari kata layak.

 

Meski kondisinya sangat tidak layak, ternyata gedung Diperpusarda yang berlokasi di Jalan Terbaya, Kotaagung itu juga  digunakan untuk kantor dua instansi lainnya: Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)  serta Sekretariat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tanggamus. 

 

Sekretaris Disperpusarda Tanggamus Rakyan Sakti mengatakan sebenarnya ada program pengajuan bantuan untuk pembangunan gedung baru, namun syaratnya pemkab harus menyiapkan lahan seluas 2 hekter.

 

“Waktu Rapat Koordinasi (Rakor) Perpusarda seluruh Indonesia di Provinsi Lampung beberapa waktu lalu disampaikan program pengajuan bantuan pembangunan gedung perpustakaan pada pemerintah pusat. Kita belum ajukan bantuan itu, karena belum ada lahan seluas 2 hektar untuk lokasi gedung yang akan dibangun,” kata Rakyan, Selasa (26/9).

 

Padahal, lanjut dia, Disperpusarda telah mengajukan permohonan lahan kepada  Pemkab Tanggamus, namun hingga kini masih belum ada respon. "Belum ada respon tuh. Padahal desainnya sudah ada, bagus bener malah,"  ungkapnya. 

 

Selain itu, menurut Rakyan, pihaknya juga sudah mengajukan  kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk drehabilitasi gedung kantor Perpusarda. Tapi lag-lagi, belum ada realisasi atas pengajuan tersebut. 

 

"Harusnya kondisi gedung  Perpusarda mendapat perhatian serius. Bagaimana dinas terkait ingin menyimpan arsip ke sini, kalau bangunannya saja tidak layak,"  terangnya.

 

Rakyan berharap, seluruh stakeholder terkait dapat mendukung upaya  perbaikan gedung  Perpusarda Kabupaten Tanggamus. (zal)



Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Gubernur Buka Lampung Craft V ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi dan Ketua Dekra ...


Gubernur Segera Memasuki AMJ, DPRD Sebut Belu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bakal m ...


Pemkab Tulangbawang Gelar Sosialisasi dan Pel ...

MOMENTUM, Banjaragung--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang melakuka ...


Tahun Ini, Dana Desa untuk Kabupaten Mesuji R ...

MOMENTUM, Mesuji -- Dana desa untuk Kabupaten Mesuji, Provinsi La ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com