Antisipasi Banjir, BPBD Tanggamus Usulkan Normalisasi Aliran Sungai

Tanggal 26 Sep 2017 - Laporan - 950 Views
Tim BPBD Kabupaten Tanggamus meninjau lokasi tanggul sungai yang jebol di wilayah Pekon Belu.

Harianmomentum--Banjir yang meredam pemukiman warga di Pekon (Desa) Belu, Kecamatan Kotaagung Barat, Kabupaten Tanggamus beberapa hari lalu disebabkan jebolnya tanggul penahan aliran sungai di wilayah setempat.

 

“Tanggul penahan aliran sungai di Pekon Belu, Negarabatin dan Pekon Banjarmasin jebol,akibat curah hujan yang tinggi. Air sungai meluap dan merendam pemukiman warga di Pekon Belu,” kata Kepala Bidang  Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus Edy Nugroho, Selasa (26/9).

 

Menurut dia, tim BPBD sudah meninjau lokasi tanggul yang jebol tersebut. “Kami sudah cek lokasi. BPBD Secepatnya kita ajukan nota dinas dan proposal kepada wakil bupati untuk penaggulangan bencana ini,” terangnya.

 

Dia menerangkan, untuk mengatisipasi kemungkinan terjadinya banjir perlu dilakukan perbaikan tanggul dan normalisasi  aliran sungai. 

 

“Aliran sungai itu sudah tersedimentasi. Karena itu, untuk mencegah banjir perlu dilakukan perbaikan tanggul dan normaliasi aliran sungai. Kami tinggal tunggu instruksi dari wabup saja,” terangnya.

 

Dia menambahkan, di Pekon Belu panjang tanggul mencapai 850 meter dengan leber sekitar 4 meter. Sedangkan di Pekon Banjarmasin panjang tanggul mencapi 500 meter dan  400 meter di Pekon Negarabatin. 

 

“Tanggul yang jebol itu sekitar lima meter dari lebar total lebar tanggul 5 meter. Kalau panjangnya sekitar 400 meter,” paparnya.

 

Dia mengimbau, seluruh camat di Tanggamus selalu berkoordinasi dengan BPBD lewat call center 08127256669 untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir dan tanah longsor.

 

Terpisah, Camat Kotaagung Barat Zulyadi mengataka telah mengajukan proposal  normalisasi dan rehabilitasi tanggul penahan Way (sungai) Belu ke BPBD Tanggamus. 

 

"Ya, kemarin (25/9) kami telah memgajukan proposal itu ke BPBD. Mudah-mudahan cepat terealisasi karena memang normalisasi dan rehab harus segera dilakukan,"  terangnya.(zal)



Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemkab Tulangbawang Gelar Sosialisasi dan Pel ...

MOMENTUM, Banjaragung--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang melakuka ...


Tahun Ini, Dana Desa untuk Kabupaten Mesuji R ...

MOMENTUM, Mesuji -- Dana desa untuk Kabupaten Mesuji, Provinsi La ...


Layanan MPP Tulangbawang Barat Belum Digitali ...

MOMENTUM, Panaragan -- Layanan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kab ...


Adipati Apresiasi Program Pendidik Guru Pengg ...

MOMENTUM, Blambanganumpu--Guru punya peran vital dalam menunjang ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com