Sujadi Berharap Ada Pasar dan Wisata Syariah di Pringsewu

Tanggal 09 Sep 2021 - Laporan - 441 Views
Bupati Pringsewu Sujadi membuka webinar Bisnis Ekonomi Syariah.

MOMENTUM, Pringsewu--Bupati Pringsewu Sujadi berharap ke depan di Pringsewu terdapat bisnis berbasis syariah. Seperti pasar, hotel, dan wisata syariah. 

Hal itu disampaikan Sujadi dalam webinar Bisnis Ekonomi Syariah, Kamis (9-9-2021). Dengan narasumber Wabup Pringsewu Fauzi, pengamat ekonomi syariah, Luqman Hakim dan diikuti  278 orang.

Sujadi mengatakan dalam visi dan misi seagai bupati Pringsewu, baik periode pertama dan kedua, terdapat unsur syariah. Visi periode pertama, Pringsewu Unggul, Dinamis dan Agamis. Periode, Berdaya saing, Harmonis dan Sejahtera (Bersahaja). 

"Jika pada awalnya yang berkaitan dengan syariah terdapat kata agamis. Pada periode berikutnya, agamis dikaitkan dengan kata sejahtera. Semua harus berikhtiar mewujudkan,"ucap Sujadi.

Masalah ekonomi syariah itu, kata dia, pernah disampaikan kepada Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin saat berkunjung ke Pringsewu beberapa waktu lalu.

Karena itu, setelah di Pringsewu terdapat bank syariah, berikutnya jika memungkinkan berdiri pasar syariah. 

"Barangkali juga nanti ada hotel syariah. Kemudian, apakah memungkinkan jika BUMD juga berbasis syariah, termasuk wisata syariah, di Kabupaten Pringsewu," tuturnya.

Menurut dia, penerapan sistem syariah tersebut tidak akan berjalan jika individu-individu Muslimnya tidak memahmi makna syariah. Karena itu, masyarakat perlu mempelajari tentang bisnis berbasis syariah.

"Syariah pada dasarnya adalah penguatan terhadap agama dan bukan malah untuk bercerai berai," ungkap Sujadi.

Sementara Wabup Pringsewu Fauzi, dari kediamannya, mengatakan dalam berbisnis haruslah ada kejelasan. Karena bisnis adalah mengelola harta benda guna memperoleh keuntungan. "Konsep bisnis syariah saat ini telah menjadi unggulan dan menjadi pilihan," katanya.

Bahkan katanya, konsep itu juga sudah mulai dipikirkan dan dilakukan oleh mereka yang non-muslim. Setiap barang dan makanan yang dijual misalnya, terdapat label halal.

"Jadi perlu diingat bahwa ekonomi syariah itu bukan hanya perbankan, tetapi juga yang lainnya. Perlu dicatat bahwa Islam tidak melarang bank, yang dilarang adalah riba," paparnya.

Fauzi menambahkan,  ekonomi syariah akan terwujud jika ada keterlibatan dan dukungan semua pihak serta segenap potensi yang ada. (*)

Laporan: Sulistyo.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kabar Gembira, RS Belleza Kedaton Kini Layani ...

MOMENTUM, Bandarlampung--'Kabar gembira bagi masyarakat Lampung. ...


Pabrik Gula SGN, Sudah Siap Memulai Giling 20 ...

MOMENTUM, Surabaya--Stok gula konsumsi nasional dalam waktu dekat ...


Sheraton Lampung Hadirkan Konsep 'All Inclusi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sheraton Lampung Hotel merupakan satu-sa ...


50 Pembatik Lampung Mengikuti Sertifikasi Kom ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 50 orang pembatik mengikuti Ser ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com