Lampura Gagas Konsep Pengelolaan Sampah Terpadu

Tanggal 28 Sep 2017 - Laporan - 1021 Views
Foto: Rakor Tim Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Lammpung Utara.

Harianmomentum--Tim Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Lampung Utara (Lampura) menggagas konsep pengelolaan sampah terpadu. Konsep tersebut akan dilakukan dengan sistem sinergisitas kerja sama antara pemerintah, swasta dan kelompok masyarakat.

 

Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi (rakor) tim penanggulanan kemiskinan  Kabupaten Lampura. Rakor  berlangsung di aula kantor badan perencanaan pembangunan daerah (Bappeda) setempat, Kamis (28/9).  

 

Pada rakor tersebut, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Syahrizal Adhar selaku Koordinator Tim Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Lampura memaparkan konsep pengelolaan sampah terpadu itu di hadapan  perwakilan: organisasi masyarakat (ormas), lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan pers.

 

“Berdasarkan data BPS (badan pusat statistik) angka kemiskinan kita hampir 23 persen atau kurang lebih 140 ribu jiwa. Data tersebut menjadi salah satu dasar, gagasan konsep pengelolaan sampah terpadu ini. Tujuannya untuk penanggulangan masalah kemiskinan,”  kata Syahrizal.

 

Ketua Tim Kajian Pengelolaan Sampah Terpadu Kabupaten Lampura Azwar Yazid mengatakan, sampah merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi setiap daerah, bahkan nasional. Dalam kajian ini pemerintah berupaya bagaimana menggali potensi dari sampah, agar bernilai ekonomis. 

 

"Kita akan menggali potensi nilai tambah dari sampah yang ada,  baik itu sampah organik maupun non organik," kata Azwar.

Menurut dia, untuk merealisasikan konsep itu diperlukan kerja keras dan dukungan dari dari semua pihak. 

 

"Kita juga harus bisa mengubah mainset berpikir masyarakat untuk bisa kreatif dan inovatif menyulap sampah  menjadi bernilai ekonomis. Kita akan kaji dulu lebih dalam kebijakan ini dari hulu hingga hilir, " terangnya  pungkas Azwar.(Ysn)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Lepas Kirab Marching Band, Gubernur: Berkreas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djun ...


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


Lomba Desa, Dua Pekon Siap Wakili Pringsewu d ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Pekon (Desa) Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com