Kota Metro Optimalisasi Peningkatan Indeks Pertanaman

Tanggal 22 Sep 2021 - Laporan - 511 Views
Walikota Metro Wahdi Siradjuddin menandatangani kesepakatan bersama peningkatan ketahanan gizi keluarga DKP3.

MOMENTUM, Metro--Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Peternakan (DKP3) Kota Metro melakukan optimalisasi peningkatan indeks pertanaman (OPIP) tahun 2021 musim tanam III, di Kelurahan Margodadi, Rabu (22-9-2021).

Kepala DKP3 Kota Metro, Hery Wiratno mengatakan pada tahun mendatang pihaknya akan meluncurkan aplikasi pemasaran dalam program tersebut. 

"Aplikasi ini khusus hasil dari kelolahan PKK, kelompok wanita tani (KWT) dan kebun-kebun yang ada di perkarangan rumah masyarakat, terutama kawasan pangan lestari," ucap Hery.

Hery juga menjelaskan, ketahanan pangan di Kota Metro mampu menyuplai 1.000 ton beras. Pada masa tanam saat ini, lahan seluas 25 hektare ditanami padi jenis MD70 yang berusia 70 hari.

Sementara, Walikota Metro Wahdi yang melakukan penandatangan kesepakatan bersama peningkatan ketahanan gizi keluarga mengatakan, melalui gerakan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Kelurahan Tangguh Nusantara (KTN) dan Kebun Bibit Kelurahan/Kebun Kolektif.

Wahdi mendukung para petani yang telah berhasil mengelolah sawah di lokasi Optimalisasi Peningkatan Indeks Pertanian (OPIP).

“Untuk mencapai target hasil produksi petani, diperlukan partisipasi dari semua pihak. Agar dapat memberikan berbagai kemudahan untuk para petani dalam mendapatkan sarana produksi dan mengurangi mengurangi biaya produksi,” ucapnya.

Ke depan, Wahdi akan meningkatkan kerjasama dan integrasi pembinaan terhadap gerakan P2L, KTN dan kebun bibit kelurahan ataupun kolektif.

Wahdi berharap, ke depan dapat membangun semangat dan optimisme dalam membangun sektor pertanian. (**)

Laporan: Adipati Opie/Rio

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kabar Gembira, RS Belleza Kedaton Kini Layani ...

MOMENTUM, Bandarlampung--'Kabar gembira bagi masyarakat Lampung. ...


Pabrik Gula SGN, Sudah Siap Memulai Giling 20 ...

MOMENTUM, Surabaya--Stok gula konsumsi nasional dalam waktu dekat ...


Sheraton Lampung Hadirkan Konsep 'All Inclusi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sheraton Lampung Hotel merupakan satu-sa ...


50 Pembatik Lampung Mengikuti Sertifikasi Kom ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 50 orang pembatik mengikuti Ser ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com